Macam - Macam Paduan Suara Berdasarkan Jenis Suara

Macam - Macam Paduan Suara Berdasarkan Jenis Suara - Macam - macam Paduan suara terdapat beberapa serta jenisnya berdasarkan atau voice yang disuarakan pada pertunjukan paduan suara. Untuk mengetahui lebih pengetahuan paduan suara.  

Macam - macam paduan suara berdasarkan jenis suara

Paduan suara unisono
Paduan suara unisono adalah paduan suara yang menyanyikan melodi dalam satu suara. Berdasarkan etimologi uni berarti satu dan sono berarti suara dalam bahasa italia. Didalam paduan suara unisono dituntut untuk lebih cermat baik mengenai warna, karakter, artikulasi dan diksi, volume, kekompakan maupun unsur- unsur lainya seperti paduan suara yang menyanyikan lebih dari satu suara.

Dengan demikian itu blend dan balance kekuatan suara tersebut juga dituntut dalam cara menyanyikan ini, dan adakalanya menyanyi secara unisono lebih sukar daripada menyanyi dalam beberapa suara.

Paduan suara 2 Jenis
Dapat dilakukan untuk anak - anak karena suaranya belum mengalami perubahan, akan tetapi juga dapat dilakukan bagi siswa taraf SMP atau SMTA pada suara jenis wanita maupun pria untuk men capai homogenitas dan blending kadang- kadang lebih mudah dibandingkan dengan paduan suara campuran, dan adakalanya paduan suara ini lebih baik berdasarkan tampilanya.

Paduan suara 3 suara sejenis - S - S - A
Paduan suara jensi ini tidak banyak bedanya dengan paduan suara 2 suara sejenis. Golongan suara Alto dapat berfungsi sebagai fundamen, harus cukup kuat tetapi tidak boleh menutup jalur melodi pada sopran 1 (SI), sedangkan sopran 2 (S2) mengisi harmoni, dan tidak boleh menutup melodi pada (SI) dan alto. Jenis paduan suara ini banyak terdapat di SMTP, terutama dalam lomba Paduan suara yang sering diadakan.

Paduan Suara 3 suara Campuran - S- A- B
Di sini dimaksudkan sebagai jenis suara laki- laki bariton. Dalam hal ini sang konduktor harus  hati- hati sekali untuk memadukan jenis suara yang berbeda, sehingga akan tercapai blend dan balance yang baik.

Paduan suara 4 suara campuran
Paduan suara ini dapat dikembangkan pada tingkat SMTA yang disebut juga dalam bahasa Inggris Mixed Choire. Pada umumnya sopran berfungsi pembawa melodi dan bas berfungsi sebagai sokoguru atau tiang - tiang penunjang dan fondamen. Sedangkan alto dan tenor berfungsi sebagai pengisi harmoni.

Di dalam mengolah paduan suara campuran perlu diperhatikan keseimbangan suara yang baik antara golongan suara tersebut. Sopran sebagai pembawa melodi harus jelas dan bas harus kuat untuk menopang melodi pada sopran, namun jangan terlalu kuat (menutup sopran).

Alto dan Tenor hendaknya senantiasa menahan diri, tidak boleh volumenya melebihi sopran dan bass, apalagi jika tenor dengan suara yang berteriak. Dan masing - masing golongan suara harus menunjukan warna dan karakternya masing- masing.

Paduan suara 3 sejenis - T- T- B
Jenis Paduan suara oleh suara sejenis laki- laki disebut juga "mannenkoor". Seperti paduan suara 3 suara sejenis wanita, maka homogenitas dan blending akan lebih mudah dicapai. Namun bagaimana cara mengolah paduan suara ini menjadi lebih indah dan mempunyai warna serta karakter, tergantung dari konduktor yang mampu membuat suasana - suasana yang diinginkan.

Demikian Macam - macam paduan suara berdasarkan jenis suara. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel