Seni Rupa Indonesia Islam Dalam Perkembangan Seni Rupa Murni Indonesia

Seni Rupa Indonesia Islam Dalam Perkembangan Seni Rupa Murni Indonesia - Seni Rupa Zaman Prasejarah Seni Rupa Indonesia Islam Ini masuk ke Indonesia oleh pedagang Cina, India dan Persia. Akulturasi budaya terjadi dari mereka yang menyebarkan Islam dan sekaligus memperkenalkan budaya masing - masing. Berikut ini karya seni rupa Indonesia Islam yang terdapat pada karya seni antara lain : 

Seni Rupa Indonesia Islam Dalam Perkembangan Seni Rupa Murni Indonesia

Seni Bangunan

Untuk Pengaruh Hindu adalah yang tampak pada bagian atas masjid yang berbentuk limas serta bersusun ganjil, dan hiasan motif gunungan atau kala pada bangunan makan dan nisanya. Pengaruh dari India dan Gujarat adalah makan yang beratap cungkup.

Seni Kaligrafi 

Apa yang dimaksud dengan seni kaligrafi? Merupakan seni hias yang terdapat di dalam kesenian Islam. Seni ini menggunakan bahasa Arab dan sebagai bentuk simbolis dari ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dirangkai.

Mana saja seni kaligrafi ini diterapkan?
Seni kaligrafi ini biasanya diterapkan seperti pada bangunan nisan, surat raja, masjid dan lain- lain.

Seni Hias Islam

Selalu menghindari penggambaran makhluk hidup secara nyata, sehingga dibuatkan stilasi atau digayakan untuk penyamaranya. Berdasarkan Fungsinya seni kaligrafi dapat dibedakan menjadi beberapa macam antara lain :

- Seni kaligrafi yang berfungsi untuk dekorasi atau hiasan.
- Seni kaligrafi piktural yang berfungsi untuk pembentuk gambar
- Seni kaligrafi sebagai media ungkap, misalnya kaligrafi karya Ahmad sadeli dan AD. Pireus.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel