Pengertian (Definisi) Paduan Suara

Pengertian (Definisi) Paduan Suara - Berbagi macam bentuk penyajian musik vokal yang kita ketahui yaitu bentuk tunggal (solo) oleh satu orang penyanyi, duet oleh dua orang penyanyi, trio oleh tiga orang penyanyi, kwartet oleh empat orang penyanyi dan Oktet oleh 8 orang penyanyi dan dalam bentuk lebih besar yang disebut dengan paduan suara. 

Penyajian dalam paduan suara bukanlah sekedar bernyanyi bersama- sama oleh sekelompok penyanyi seperti yang diperkirakan oleh kebanyakan orang.

Dalam paduan suara hendaknya senantiasa tercapai perpaduan suara yang mencakup pemaduan berbagai karakter, baik warna suara, jiwa, daya ekspresi, minat dan juga daya intelektualitas yang berbeda - beda.

Pengertian (Definisi) Paduan Suara

Adakalanya paduan suara hanya menyanyikan melodi yaitu menyanyi secara unisono yang dalam bahasa Italia uni: satu dan sono: Bunyi, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut unisono.

Selain itu paduan suara dapat menyanyikan beberapa suara atau gabungan suara baik suara sejenis maupun campuran. Penyajian dalam paduan suara baik secara unisono atau beberapa suara hendaknya senantiasa mewujudkan perpaduan menjadi satu warna nada, keseimbangan antara golongan suara, satu ekspresi dan merupakan kesatuan yang utuh.

Paduan suara Sangat tepat karena paduan suara merupakan salah satu bagian bentuk musik yang diungkapkan secara ekspresif, kompak, harmonis serta artistik seperti halnya pada orkes simfoni yang tidak kalah keindahanya dengan bentuk seni lainya serta dipelihara bagi seni budaya bangsa Indonesia.

Demikian ulasan karya seni Pengertian (Definisi) Paduan Suara. Dapatkan ulasan seputar paduan suara, karya tradisional nusantara dan mencanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel