Pengertian Seni Kriya dan Fungsi Benda - Benda Kriya

Pengertian Seni Kriya dan Fungsi Benda - Benda Kriya - Seni kriya, Apa itu Seni kriya? merupakan seni yang dibuat dengan menggunakan keterampilan tangan (hand skill) yang juga memperhatikan nilai seni dan aspek fungsional. Hasil karya seni kriya tidak hanya di dasarkan aspek fungsional melainkan juga memperhatikan aspek keindahan atau kebutuhan emosional.
Seni kriya tidak terlepas oleh pengerjaan tangan (hand made) serta memiliki aspek fungsional. Sedangkan seni kriya identik dengan seni kerajinan dalam perkembanganya.
Fungsi Seni kriya secara garis besar dibagi menjadi tiga golongan antara lain :

Hiasan atau (Dekorasi)
Secara umum banyak hasil seni kriya yang digunakan sebagai benda pajangan. Seni kriya dalam jenis ini biasanya lebih menonjolkan segi rupa bila dibanding segi fungsi, sehingga banyak keragaman bentuk pengembanganya. Misalnya adalah hiasan dinding, seni ukir, patung, cinderamata dan lain- lain.
Pengertian Seni Kriya dan Fungsi Benda - Benda Kriya
Comtoh Seni Kriya Hiasan Dinding
Benda terapan (siap pakai)
Seni kriya yang mengutamakan fungsi sebenarnya penciptaan karya seni kriya. Seni kriya dalam hal memiliki mengutamakan fungsi pakai dan keindahan dan bersifat nyaman. Contoh benda benda seni kriya antara lain : keramik, furniture, senjata, dan sebagainya.

Benda mainan
Sering dijumpai benda 0- benda yang terdapat disekitar kita dan merupakan hasil karya seni kriya yang digunakan sebagai alat permainan. benda kriya yang digunakan untuk permainan lebih sederhana, mudah dikerjakan, misalnya kipas kertas, dakon dan boneka.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel