Seni Keramik (Seni Rupa Murni Indonesia)

Seni Keramik (Seni Rupa Murni Indonesia) - Seni keramik adalah seni rupa yang mengolah benda - benda material keramik untuk membuat karya seni. Benda karya seni yang terbuat dari bahan keramik dapat dibedakan pula kriya keramik dengan berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya.

Tembikar adalah salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia. Secara teknis bangunan tungku adalah media yang sangat diperlukan. Pembangunan tungku digunakan untuk melakukan pembakaran secara terbuka.
Karena pengaruh luar yang sangat banyak seni keramik modern di Indonesia berkembang. Pembakaran dengan suhu yang tinggi sehingga berkembang keramik modern dan tidaklah berkembang dari tembikar rakyat.

Gerakan keramik kontemporer Indonesia pada dasawarsa terakhir terlihat berkembang pesat. Seni keramik juga merupakan karya seni dan sebuah ungkapan dari pelatihan bentuk serta warna yang menjadi ungkapan murni dan perenungan jiwa.

Terdapat dua kecenderungan umum antara lain:

Pertama adalah munculnya bentuk- bentuk pembuatan benda- benda yang tidak terkait dengan bentuk sebelumnya atau tradisional seperti bahan - bahan tanah liat yang digunakan untuk bejana.

Kedua adalah pengembangan dari bentuk- bentuk bejana dan dari bentuk bejana tersebut dikembangkan sesuai dengan cara yang pribadi. Tokoh kecenderungan yang kedua  dan terkenal adalah Suyatna yang mengembangkan bentuk yang ekspresif.

Seni Keramik (Seni Rupa Murni Indonesia)

Sedangkan untuk kelompok seniman yang terkenal adalah HildaSoemantri yang bekerja secara langsung tanpa gagasan awal, sedangkan Widayanto dengan menggunakan bahan tanah liat sebagai gagasan awal dengan bentuk figuratif karena kekaguman pada dunia Jawa Kuna.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel