Gendang Tabuik Alat Musik Tradisional Perkusi Sumatera Barat

Gendang Tabuik Alat Musik Tradisional Perkusi Sumatera Barat - Alat musik gendang tabuik ini adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Barat yang cara membunyikanya dengan dipukul, alat musik ini berkembang di daerah Pariaman. Sajian alat musik ini biasanya disajikan dalam grup atau kelompok yang merupakan sumber kemeriahan pada acara tabuik berlangsung.

Gendang tabuik  termasuk alat musik perkusi yang tidak bernada dan sampai sekarang dapat dijumpai di daerah Maninjau dan daerah Pada Pariaman. Sajian permainan alat musik gendang tabuik sangat identik dengan upacara ritual yang diadakan di daerah Maninjau dan Padang pariaman.

Gendang Tabuik Alat Musik Perkusi Sumatera Barat

Gendang Tabuik oleh masyarakat setempat dikenal dengan sebutan Gandang Ketipit. Gendang Tabuik dimainkan dalam acara tertentu dan dalam bentuk ansambel musik (kelompok musik). Ansambel gendang tabuik disajikan dalam upacara hajatan masyarakat setempat khususnya daerah Sumatera Barat dan juga Padang Pariaman yang erat dan berkaitan dengan budaya masyarakat setempat.

Dalam sebuah acara ritual ini diadakan setiap tanggal 1 sampai 10 Muharam dan merupakan alat musik yang tidak dapat ditinggalkan sebagai syarat mutlak dalam upacara mereka dan merupakan sebuah rangkaian dan bagian penting dari upacara Tabuik.

Demikian ulasan seputar keunikan Gendang Tabuik Alat Musik Tradisional Perkusi Sumatera Barat. Dapatkan ulasan karya seni budaya yang berasal dari Sumatera barat dan seni budaya tradisional dan modern dengan nilai keindahan juga makna yang terkandung pada kesenian baik daerah di Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel