Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Jenis Dan Cara Membunyikan

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Jenis Dan Cara Membunyikan - Alat musik tradisional di Sumatera selatan sampai sekarang ini masih dilestarikan sampai sekarang ini dan juga masih populer hingga sekarang. Alat musik tradisional Sumatera Selatan ini digunakan dalam beberapa perayaan adat. Berikut ini alat musik tradisional daerah Sumatera Selatan antara lain :

  • Panggora 
Panggora ini alat musik tradisional yang berbentuk seperti alat musik gong hanya saja panggora ukuranya lebih kecil dibanding gong di jawa tengah. Panggora ini disajikan oleh satu orang dan cara memainkanya dipukul. Alat musik ini termasuk alat musik perkusi bernada. Ukuran alat musik Panggora dengan diameter 37cm serta tebal kira- kira 6 cm.

  • Gordang
Gordang memiliki bentuk yang berbeda dengan Panggora. Gordang ini berbentuk seperti kendang dan cara membunyikanya dengan cara dipukul dan merupakan alat musik perkusi yang tidak bernada.
  • Doli - Doli
Alat musik ini berdasarkan bahan pembuatanya terbuat dari kayu yang cara memainkanya dengan ditiup. Di Daerah Nias alat musik tradisional ini dapat dijumpai. 

Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Jenis Dan Cara Membunyikan

  • Druni Drana 
Alat musik druni drana ini berasal dari Nias yang memiliki berbentuk unik yang terbuat dari bahan bambu yang memiliki kesamaan dengan bentuk garpu tala.

  • Faritia
Bentuk alat musik faritia ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan alat musik tradisional gong. Faritria ini terbuat dari logam ataupun perunggu. Ukuran alat ini lebih kecil bila dibanding gong. Cara membunyikan alat ini dengan cara dipukul.

  • Gonrang
Alat musik gonrang ini hampir sama dengan alat musik tradisional gordang. Gordang ini adalah alat musik perkusi tidak bernada dan berbentuk hampir sama dengan alat musik kendang, dan gonrang ini merupakan alat musik yang cara membunyikanya dengan di pukul.

  • Hapetan
Alat musik hapetan ini merupakan alat musik yang cara membunyikanya dengan dipetik pada beberapa dawai atau senar, alat ini hampir mirip alat musik tradisional kecapi.

Demikian Alat Musik Tradisional Sumatera Utara Jenis Dan Cara Membunyikan. Dapatkan ulasan seputar jenis kesenian lainya yang berasal dari Aceh dan dapatkan ragam ulasan seputar seni budaya yang terdapat diberbagai daerah Indonesia maupun mancanegara dengan nilai - nilai dan makna yang terkandung dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel