Biografi Ibu Soed Tokoh Komponis Indonesia

Biografi Ibu Soed Tokoh Komponis Indonesia - Ibu Soed dilahirkan pada tahun 1908 di Sukabumi Jawa Barat 26 maret 1908 dengan nama lengkap Saridjah Niung Bintang Soedibio dan terkenal seorang pencipta lagu anak yang legendaris. Karya ciptaanya lebih dari 200 lagu. Ibu Soed adalah tokoh tiga jaman Belanda, Jepang dan Indonesia. Di Radio NIROM Jakarta Suaranya pertama kali dikumandangkan.

Orang tua Ibu Soed adalah pegawai Prof. Dr. Mr. JF. Kramer yang merupakan Indo-Belanda. Dia adalah anak bungsu dari 12 saudara yang merupakan putri Muhamad Niung yang berdarah Bugis dan menetap di Sukabumi. Ketika itu pensiunan Kejaksaan tinggi di Jakrta mengangkat Saridjah menjadi anak.

Oleh Prof. Dr. Mr. JF. Kramer dia diajar seni suara, menggesek biola dan seni musik, bakat Saridjah sudah terasah sejak kecil. 

Setelah lulus sekolah Saridjah Mengajar di HIS petojo, kartini dan HIS Arjuna ketika itu dari tahun 1925-1941. Dengan menyanyi anak - anak di ajar oleh Saridjah karena Saridjah peduli kalau anak - anak memang kurang bahagia ketika itu, dan sebagai anak bangsa tentunya harus bisa menyanyi dalam bahasa Indonesia,lalu diciptakanya lagu anak- anak Indonesia.

Biografi Ibu Soed Tokoh Komponis Indonesia

Lagu yang diciptakanya selain anak gembira juga memberikan semangat kelak agar berbakti kepada bangsanya. Selain itu, anak ini juga mendorong untuk berkhayal dan berimajinasi. Lagu yang diciptakanya antara lain : Bila Aku Besar, Hai Becak, Kupu - Kupu dan lagu tanah airku serta Berkibarlah Benderaku.

Lagu Berkibarlah benderaku ini diciptakan berkisah ketika Yusuf Ronodipuro yang merupakan pimpinan RRI menolak menurunkan bendera walau diancam dengan senjata api. Hal tersebut terjadi pada tahun pertama Indonesia merdeka.

Selain menciptakan lagu anak- anak dan lagu lainya yang lebih dari 200 lagu dan hanya sebagian yang terdokumentasikan, ia juga menciptakan Operette Ballet kanak- kanak di Sumi gedung Kesenian Jakarta 1955 yang dipentaskan dengan Ny. Loebis Gondosapoetro penata tari dan penata musik oleh RAJ Soedjasmin.

Grup tonil juga dibentuk ketika aktif sebagai anggota organisasi Indonesia 1926 untuk membiayai penginapan mahasiswa Club Indonesia. Selain itu, pada tahun 1827 - 1962  juga berperan sebagai pengasuh siaran anak - anak. Selain itu juga ahli mendesain batik dan mendapat penghargaan Satya Lencana dari Kebudayaan Pemerintah Indonesia.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel