Biografi Kusbini Komponis Indonesia

Biografi Kusbini Komponis Indonesia - Kusbini adalah tokoh yang terkenal dengan penggiat tiga zaman. ketika itu kusbini adalah sosok yang sangat aktif mencipta lagu  dari masa kolonial Belanda, Pendudukan Jepang dan masa Kemerdekaan. Ternyata semangat nasionalis tetap berkobar untuk membangkitkan pada generasi muda Indonesia.

Tokoh ini dilahirkan di Mojokerto tepatnya di Kampung Kemalgi 1 Januari 1910  Mojokerto Jawa Timur Ketika Radio Republik Indonesia menyelenggarakan pemilihan Bintang Radio dan keroncong nama Kusbini mulai di kenal oleh publik. Ketika itu ia dikenal dengan lagu keroncong Pastoral dan terkenal ketika bergabung dengan S. Abdoellah, Annie Landouw dan Gesang pada tahun 1977.

Kusbini adalah komponis pencipta lagu "Bagimu Negeri" yang merupakan lagu nasional wajib Indonesia. Selain itu seperti keroncong Nina Bobo, Moresko dan Telomoyo dia tuliskan ulang. Kusbini juga memiliki peran dalam mendirikan sekolah musik di dalam negeri. 

Biografi Kusbini Komponis Indonesia

Sekolah yang didirikan adalah Sekolah Olah Seni Indonesia atau (SOSI) dan telah di kelola oleh turunanya, dan sekolah ISI Yogyakarta Kusbini merupakan salah satu founding father. Pada awalnya sekolah ini bernama (SMINDO) sekolah para seniman dan berganti menjadi Akademi Musik Indonesia atau AMI dan sekarang ISI.

Pada usia 81 tahun Kusbini wafat, tepatnya 28 Februari di Yogyakarta dan Ketika itu Jl. Kusbini sebelumnya bernama Jl. Jetishardjo oleh pihak pemerintah Yogyakarta. Nama Kusbini ini juga digunakan untuk bandara internasional di Pandeglang yaitu Bandar Udara Internasional Raden Kusbini.

Beberapa karya lagu Kusbini antara lain : Keroncong Sarinade, Cinta Tanah Air, Pembangunan, Merdeka, Keroncong Purbakala, Salam merdeka, Bintang senja, Dwi Tunggal, Keroncong Moresko, Pamulatsih dan Ngumandang Kenang.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel