Cara Dan Teknik Dasar Bermain Biola (Otodidak) Untuk Pemula

Cara Dan Teknik Dasar Bermain Biola Untuk Pemula - Banyak sekali alat musik diatonis yang sering digunakan dalam berbagai ansambel musik. Grup band atau mungkin ensamble musik seperti orkestra sangat identik dengan alat musik biola dan bahkan alat musik biola juga sangat identik dengan musik orkestra atau symphony.

Alat musik biola ini cara membunyikanya dengan cara digesek. Sedangkan biola ini memiliki fungsi tersendiri dalam penyajianya secara musikal. Adapun beberapa cara teknik untuk bermain biola yang dapat dipelajari. Tahapan berikut ini merupakan sebuah teknik dasar bagaimana cara bermain biola.
Langkah pertama adalah dengan mengencangkan Bow atau busur yang digunakan untuk menggesek senar biola. 
  • Ketika rambut biola tidak digunakan biasanya bow ini dikendorkan oleh pengguna biola. Cara mengencangkan bow ini hanya dengan cara memutar alat pemutar yang terdapat pada ujung bow dengan lebar antara rambut dengan tangkai biola selebar lingkaran pensil. perlu diperhatikan jangan menggunakan jari untuk memegang biola ini karena akan membasahi rambut bow dan usahakan rambut bow tetap kering.
  • Para pemain biola sering menggunakan gosokan rambut bow ini dengan rosin yang terdiri dari dua warna gelap dan cerah. Menggosok rambut bow ini akan dapat memudahkan pergesekan antara senar biola ketika digesekan karena rambut bow lengket. Gosokan pada bow ini dilakukan dari ujung sampai ujung pada rambut bow setelah selesain letakan.
  • Berikutnya adalah menyetem senar biola atau dawai biola sesuai urutan nada G-D-A-E mulai dari nada rendah hingga tinggi dengan memutar pasak pada ujung leher biola. anda dapat menggunakan tuner listrik atau peluit nada untuk menyetem senar biola.

Cara Dan Teknik Dasar Bermain Biola (Otodidak) Untuk Pemula
  • Cara memegang biola letakan pegangan tongkat pada jari telunjuk pada bagian yang empuk dan usahakan jangan sampai terlepas dengan menahan menggunakan jempol.
  • Ketika memengang biola dengan posisi punggung lurus ketika duduk atau berdiri. Sedangkan bagian pantat biola dijepit dengan tulang bahu dan menempel pada leher. Kemudian jepit pada tabung biola dengan tulang rahang agar tidak terlepas.
  • Posisi tangan dalam hal ini harus benar antara posisi telapak tangan dibawah dagu dan posisi biola sejajar. Tangan kanan memegang bow dan mengangkat tangan setinggi mungkin ketika menggesek biola agar untuk mendapatkan posisi tangan yang nyaman.
  • Belajar Menggesek biola ini ketika anda menggesek senar dalam keadaan loss atau tidak dipencet.Cara menggeseknya dengan mulai dari gesekan panjang, pendek, gesek dengan dengan menggunakan tekanan dan juga gesek dengan lembut. Setelah anda sudah lancar  menggesek dengan lancar mulai anda membunyikan solmisasi dengan berurutan setiap senar atau antara senar.  
Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel