Kerajinan Tangan Maluku Utara Yang Tidak Diketahui

Kerajinan Tangan Maluku Utara Yang Tidak Diketahui - Tolu adalah hasil kerajinan yang berada di Halmahera yang digunakan untuk berkebun atau melaut. Bahan yang digunakan untuk membuat Tolu ini adalah pelepah pinang yang dikeringkan.

Hampir semua suku di Halmahera utara ini menggunakan Tolu. Bentuk Topi ini juga sangat unik dan mirip dengan topi tradisional petani di Indonesia yang digunakan untuk berteduh dari air hujan serta terik matahari. 

Selain itu, terdapat juga berbagai hasil kerajinan tangan seperti kerajinan Susiru dan juga Aya aya yang terbuat dari kulit bambu yang terlebih dahulu dikeringkan. Dalam proses pembuatan, kulit bambu yang telah dikeringkan terlebih dahulu diberi zat pewarna dan dianyam sesuai dengan bentuk yang diinginkan. 

Kerajinan Tangan Maluku Utara Yang Tidak Diketahui

Kerajinan Susiru ini digunakan untuk menepis beras dan juga menyaring air terigu untuk kerajinan Aya aya. Sedangkan kerajinan lainya adalah piring rotan yang berbentuk piring akan tetapi dengan menggunakan bahan rotan.

Demikian ulasan tentang seputar kerajinan tangan yang berasal dari Maluku utara Tolu, Susiru dan aya aya. Terdapat berbagai jenis kesenian yang terdapat di Maluku utara yang menjadi bagian dari kekayaan seni dan budaya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel