Ragam Dan Motif Ukiran Tradisional Minangkabau

Ragam Dan Motif Ukiran Tradisional Minangkabau - Seni ukir termasuk dalam kategori seni kriya dan bahan untuk membuat ukiran ini terbuat dari kayu, sedangkan untuk membuat ukiran ini dengan menggunakan tatah. Seni ukir dapat kita jumpai dari setiap daerah yang ada di Nusantara. Berikut ini adalah seni ukir Minangkabau. 

Seni ukir yang ada di Minangkabau sangat erat kaitanya dengan masyarakat Minangkabau. Seni ukir tradisional Minangkabau adalah gambaran dari kehidupan masyarakat Minangkabau yang dipahatkan pada dinding rumah gadang serta memuat berbagai tatanan sosial dan wahana komunikasi serta sebagai pedoman hidup bagi masyarakatnya Marzuki Malin Kuning (1897 -1987). 

Selain itu, seorang ahli ukir dari Ampat Angkat Candung juga menjelaskan "Seni ukir yang terdapat pada rumah gadang merupakan ilustrasi dari masyarakatnya dan ajaran adat yang divisualisasikan dalam bentuk ukiran, sama halnya dengan relief yang terdapat pada candi Borobudur".

Ragam Dan Motif Ukiran Tradisional Minangkabau

Sesuai dengan perkembangan zaman bahwa seni ukir tradisional yang terdapat pada rumah gadang di masa sekarang telah kehilangan jati diri. Nilai - nilai estetika yang terkandung pada ukiran masyarakat Minangkabau sendiri tidak mengetahui estetikanya dan apalagi makna filosofi yang terkandung di dalam ukiran. 

Kurangnya kepahaman pada nilai estetika dan makna adat yang terkandung dalam seni ukir adalah merupakan  faktor penyebab, sehingga perlu untuk dikaji dan digali kembali agar tidak kehilangan nilai serta makna sosial seni ukir tradisional yang tumbuh ditengah masyarakat pendukungnya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel