Rahasia Luar Biasa Patung Suku Asmat Papua

Rahasia Luar Biasa Patung Suku Asmat Papua - Ketrampilan mengukir Suku Asmat telah ada sejak 1700an, dan hasil ukiran yang berupa patung suku Asmat telah dikenal dunia sejak lama dan merupakan Patung Asmat ini juga merupakan salah ciri khas wilayah di Papua. 

Tradisi yang berlaku di wilayah suku Asmat telah ada sejak nenek moyang suku Asmat yang digunakan sebagai simbol terhadap arwah nenek moyang juga merupakan bentuk kepercayaan suku Asmat dengan kesenian mengukir.

Melalui Upacara keagamaan budaya mengukir suku Asmat lahir. Di sebagian daerah suku Asmat ini untuk menenangkan arwah nenek moyang dalam upacara adatnya dengan mengharuskan pentongan kepala manusia dan kanibalisme sehingga mereka membuat patung yang menyerupai arwah nenek moyang untuk menghormati dan agar tidak melakukan hal itu. 

Tradisi mengukir serta memahat patung kayu yang dikenal dengan patung suku Asmat adalah penuangan dari kepercayaan suku Asmat terhadap nenek moyang mereka yang menampakan diri dalam mimpi.

Rahasia Luar Biasa Patung Suku Asmat Papua

Awal mula suku Asmat ini membuat patung dengan secara kasar dan ditinggalkan di dalam rawa setelah digunakan untuk upacara agama tertentu. Dari kepercayaan suku Asmat mereka meninggalkan patung yang merupakan sebagai wujud arwah di dalam rawa untuk menjaga makanan utama mereka dan hutan sagu.

Patung suku Asmat dianggap sebagai benda primitif serta wujud terhadap arwah jahat sejak era kolonial Belanda. Kini patung suku Asmat setingkat dengan barang seni Eropa yang merupakan hasil kebudayaan tinggi daerah Sungai Nil, Gangga, Eupharathes dan juga Indus. Patung Suku Asmat selain terkenal diseluruh dunia juga disimpan di sejumlah museum dunia

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel