Keunikan Pertunjukan Tari Kipas Pakarena Gowa Sulawesi Selatan

Keunikan Pertunjukan Tari Kipas Pakarena Gowa Sulawesi Selatan - Tari Kipas adalah karya seni tari tradisional yang berasal dari daerah Gowa Sulawesi Selatan. Tarian ini dibawakan oleh para penari wanita dengan busana khas adat. Tari ini ditampilkan diberbagai acara selain Upacara adat juga menjadi daya tarik wisata. Baca Tari tradisional Gandrang Bulo Sulawesi Selatan.
Tari Kipas ini ditampilkan sebagai hiburan dan memiliki makna khusus bagi masyarakat adat Gowa dengan melalui gerakan tari sebagai ungkapan rasa syukur selain ekspresi, kesantunan, kelembutan dan juga kesucian. 

Tarian ini ditampilkan oleh 5 hingga 7 orang penari wanita. Sebagai ciri tarian kipas ini adalah menggunakan properti kipas dalam setiap gerakan tarianya. Gerakan tari kipas juga dibagi menjadi beberapa bagian dan sulit dibedakan karena pola gerakan yang hampir sama.

Keunikan Pertunjukan Tari Kipas Pakarena Gowa Sulawesi Selatan

Keunikan Tari Kipas Pakarena 

Iringan tari ini dengan menggunakan Gondrong rinci yang terdiri dari alat musik gendrang dan seruling. Jumlah pemain terdiri dari 4 -7 orang dengan tempo cepat sedangkan penari dengan gerakan lemah lembut.

Berdasarkan sejarahnya Tari Kipas Pakarena ini sama dengan Tari Pakarena yang terdapat Di Selayar Sulawesi Selatan. Baca Tari Pakarena Sulawesi Selatan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel