Mengenal Jenis Anyaman Daerah Riau

Mengenal Jenis Anyaman Daerah Riau - Kerajinan tangan yang terdapat di daerah Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang beraneka ragam bentuk serta bahan yang digunakan. Berikut ini adalah kerajinan tangan yang berasal dari daerah Riau.

Jenis Kerajinan Anyaman Daerah Riau

Anyaman daerah Riau ini juga telah dikenal diberbagai didunia dan tekah dikenal sejak lama oleh bangsa sendiri maupun negara lain. 

Perkembangan kerajinan yang berupa anyaman ini secara turun temurun. Anyaman yang terdapat di daerah Riau tersebut antara lain :

  • Anyaman Pandan: Anyaman ini terbuat dari daun pandan sesuai dengan obyek yang diinginkan.
  • Anyaman Bambu : Anyaman ini juga terbuat dari bambu yang diolah sedemikian rupa sehingga bambu tersebut menjadi lentur dan dibentuk sesuai yang diinginkan.
  • Anyaman Rotan : Anyaman rotan ini terbuat dari bahan rotan. Rotan ini juga merupakan bahan lentur dan kuat. Dibanding anyaman pandan dan bambu anyaman rotan ini lebih tahan lama. 

Mengenal Jenis Anyaman Daerah Riau

Bentuk anyaman tersebut dapat anda lihat seperti yang tampak pada gambar. Sedangkan pada perkembanganya anyaman tersebut kini menjadi lahan bisnis oleh masyarakat daerah Riau.

Demikian kesenian anyaman daerah Riau. Dapatkan ulasan seputar kesenian daerah yang berasal dari Riau dan ragam kesenian beserta makna, nilai - nilai budaya, keunikan dan keindahan seni tradisional daerah Indonesia dan ragam jenis ulasan seni modern. Dapatkan ulasan seni budaya mancanegara lainya dengan mengakses Senibudayasia.  

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel