Tari Kerpopo Tarian Adat Pulau Kisar Maluku Barat Daya

Tari Kerpopo Tarian Adat Pulau Kisar Maluku Barat Daya - Tari Kerpopo adalah tarian tradisional yang berasal dari Pulau Kisar. Tari ini juga digunakan untuk fungsi sosial seperti penyambutan tamu dan keperluan sosial lainya. Iringan yang digunakan untuk mengiringi tari ini dengan menggunakan kulit sapi serta batang pohon jati.

Properti tari ini adalah dengan menggunakan tombak, dan pada ujung tombak dipasang bendera merah putih dengan ukuran kecil. 

Pemain tari ini adalah laki - laki dewasa dengan menggunakan menggunakan kain tenun ikat berwarna pada bagian bawah, tanpa baju dan hanya dengan telanjang kaki serta ikat kepala merah putih. Ditampilkan dengan topi bulu ayam tari ini bila tidak untuk menyambut tamu kenegaraan. 

Tari Kerpopo Tarian Adat Pulau Kisar Maluku Barat Daya

Tampilan tari ini sangat enerjik dengan iringan alat musik daerah Maluku seperti gendang dan memainkan tombak, sehingga serasa menyatu antara iringan dengan tampilan tari yang ditampilkan. Tari ini menimbulkan semangat dan gagah. Cerita tari kerpopo ini merupakan tarian perang dan berasal dari desa Oirata. Tarian adat Kerpopo menceritakan tentang meraih kemenangan perang.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel