Kintung Angklungnya Kalimantan Selatan

Kintung Angklungnya Kalimantan Selatan - Masyarakat yang tinggal di Kalimantan selatan terdiri dari berbagai suku yang termasuk dalam masyarakat rumpun Melayu dan masih terdapat akulturasi budaya dayak, jawa dan Sunda. Kalimantan selatan yang terkenal dengan karya seni selain seni rupa dan tari. Berikut ini adalah karya seni musik dari Kalimantan Selatan.

Alat Musik Kintung
Alat musik ini digunakan untuk iringan musik kintung. Musik kintung adalah musik tradisional Banjar yang berdasarkan sejarahnya musik kintung ini bersifat magis selain bunyi yang dipertandingkan. alat musik kintung ini mirip dengan alat musik angklung Jawa Barat yang sama- sama terbuat dari bambu. Alat ini cara membunyikanya dengan cara dipukul. 

Untuk mengatur bunyi yang dihasilkan sesuai dengan rautan bagian atas seperti tampak pada gambar. Panjang bambu ini dua ruas dan agar menghasilkan bunyi buku ditengahnya dibuang. Nada akan semakin tinggi sesuai rautan bagian atas. 

Kintung Angklungnya Kalimantan Selatan

Alat musik Kintung ini menggunakan tangga nada pentatonis dan termasuk alat musik perkusi bernada. Alat yang digunakan untuk membunyikan dengan menggunakan sebuah potongan kayu berbentuk bundar. Terdapat tujuh buah nada setiap nadanya memiliki nama, antara lain : Hintalu randah, hintalu tinggi, tinti pajak, tinti gorok, pindua randah, pindua tinggi dan gorok tuha.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel