Alat Musik Sampek Atau Sape Suku Dayak Kayaan

Alat Musik Sampek Atau Sape Suku Dayak Kayaan - Selain alat musik Garantung Suku Dayak juga memiliki alat musik tradisional yang disebut sampek. Suku Dayak Kayaan menyebutnya dengan Sape' Kayaan. Bahan yang digunakan untuk membuat alat musik sampek terbuat dari kayu, seperti kayu ulin, kayu kapur, kayu arrow dengan teknik pembuatan secara tradisional. 

Waktu pembuatan alat musik ini dapat memakan waktu berminggu- minggu dengan ditambahkan seni pahat pada alat musik ini berupa ukiran yang dari setiap ukiranya memiliki arti tersendiri. Kualitas bunyi yang dihasilkan  mengacu pada kayu yang digunakan karena semakin keras kayu dan urat daging kayu akan lebih berpengaruh pada kualitas bunyi sape'. 

Sampek ini termasuk alat musik petik karena memiliki tiga dawai, empat hingga enam dawai. Masyarakat yang ahli memainkan sape' di daerah Pampang. Fungsi alat sampek ini digunakan untuk mengiringi tarian penyemangat pasukan perang.

Alat Musik Sampek Atau Sape' Suku Dayak Kayaan

Selain penyemangat alat musik sampek ini juga dimainkan pada pesta rakyat yang disebut "gawai Padi" atau ritual hasil panen padi. Alat musik sampek ini digunakan untuk mengiringi tarian. 

Alat musik ini dapat dimainkan secara individu atau kelompok. Lagu- lagu yang dinyanyikan juga beragam disesuaikan dengan jenis tarian. Contoh nyanyian dan tarian dengan iringan sape'. Misalnya Tari iringan Datun Julut maka tarian yang dibawakn Datun Julut. 

Lagu - lagu yang dinyanyikan musik sape' ini dengan bahasa Dayak Kayaan atau Kenyah antara lain Isaak Pako’ Uma’ Jalaan, Apo Lagaan, Tubun Situn, Tinggaang Lawat, Tinggaang Mate dan Uma’ Timai.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel