Motif Batik Sasambo Lombok Kerajinan NTB Dan Asal - Usulnya

Motif Batik Sasambo Lombok Kerajinan NTB Dan Asal - Usulnya - Termasuk Kain Khas kedua provinsi NTB dan NTT tidak dapat dilepas begitu saja. Sejak awal NTB terkenal dengan kain khas tenun dan songket yang terdapat di daerah Sasak. Kejayaan Majapahit memang dirasakan seluruh pulau Lombok dan Sumbawa.

Masuknya pengaruh Majapahit ke Pulau lombok diawali dengan ekspedisi dibawah Mpu Nala pada tahun 1343 yang merupakan pelaksanaan Sumpah Palapa Maha Patih Gajah mada. 

Perkembangan batik adalah sebuah warisan budaya dunia oleh UNESCO dan pemerintah NTB bergerak mengembangkan batik. Batik Sasambo adalah gabungan akronim dari tiga suku besar di NTB antara lain sasak(Penduduk asli Pulau Lombok), Samawa (wilayah Kabupaten Sumbawa barat dan Mbojo (masyarakat kabupaten bima dan Dompu).
Motif Batik Sasambo Lombok Kerajinan NTB Dan Asal - Usulnya

Kesenian membatik adalah peninggalan ekspedisi Majapahit ketika ke Selaparang di NTT. Ketika itu masyarakat NTB lebih menyukai kain tenun dan membuat kain tenun seperti kain penutup kepala pria NTB yang disebut dengan Capuq. 

Motif batik sasambo mengusung budaya lokal khas peternak lombok dan ada juga kelotok sapi yang diikat di leher para peternak Lombok. Motif kangkung adalah makanan khas Lombok dan motif cave, gerabah dan mutiara.

Selain itu juga terdapat rumah panggung perwakilan dari rumah Sumbawa. Motif lainya adalah lumbung, kerang, Raja Bima, daun pepaya dan daun Bebele atau semacam pegagan serta tokek sebagai hewan keberuntungan di Lombok. Motif terkenal adalah motif kangkung sebagai makanan khas pelecing kangkung. 

warna yang digunakan untuk batik Sasambo adalah biru gelap, merah, oranye dan sebagainya. Motif paling digemari masyarakat lombok warna merah berpadu kuning keemasan dengan motif kangkung. 

Proses pembuatan batik Sasambo sama dengan pembuatan batik daerah Jawa mulai dari pola dan lilin malam, piksasi penguatan warna, pewarnaan, pelorotan, dan pembilasan hingga penjemuran. Dengan menggantung kain di jemuran adalah cara untuk pengeringan batik Sasambo dibuat dengan batik tulis, cap dan kombinasi tulis dan cap.

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel