Patung Pasukan Batalyon Worang Jenderal Pertama Putera Minahasa

Patung Pasukan Batalyon Worang Jenderal Pertama Putera Minahasa - Berikut ini merupakan Patung yang terdapat di Manado. Patung tersebut terdiri dari tujuh tentara yang mewakili sebuah Batalyon yang mendarat di Sulawesi Utara. 

Pendaratan tujuh tentara tersebut untuk melawan para pemberontakan para penduduk lokal pendukung Belanda pada masa awal Kemerdekaan. 

Berdasarkan sejarahnya Sebelum menjadi nama Batalyon Worang adalah Batalyon B pada brigade 16 TNI AD pimpinan Mayor Hein Victor Worang. Batalyon Worang adalah salah satu Batalyon Markas Besar Angkatan Darat. Sedangkan Mayor Hein Worang dengan Pangkat terakhir Mayor Jenderal TNI-AD yang mempertahankan gerakan separatis.

Patung Pasukan Batalyon Worang Jenderal Pertama Putera Minahasa

Batalyon Worang terdiri dari 7 kompi, yaitu Kompi Yuus Somba, Utu Lalu, Wim Tenges, Wuisan, Andi Odang, John Ottay, dan Kompi Wim Yoseph (Kompi Markas). Sedangkan Kepala Staf Batalyon adalah Kapten Rory seorang pasukan Batalyon Worang dengan jumlah tentara sekitar 1.100 personil. 

Worang adalah putra Minahasa pertama yang menjadi Jenderal TNI AD berbintang satu dan dua. Worang terlahir di Tontalete pada 12 Maret 1919. Bintang Worang ini diperoleh pada Januari 1965 dan July 1971. 

Hv. Worang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara pada tahun 1967 dan wafat pada tahun 1982 genap usia 63 tahun. Baca Patung Pahlawan Kapten Anumerta Pierre Tendean Dan Wolter Monginsidi Manado.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel