Seni Pahat Patung Khas Masyarakat Kalimantan Tengah

Seni Pahat Patung Khas Masyarakat Kalimantan Tengah - Selain seni tari yang memiliki gaya serta gerak tarian tradisionalnya yang bermakna. Kalimantan tengah juga terkenal dengan ukiran atau kerajinan tangannya. Kerajinan tangan Kalimantan tengah berikut ini berupa ukiran.

Bentuk Ukir Kayu Kalimantan tengah :

Langgei Ukir
Berupa alat yang digunakan untuk mengukir, membelah rotan dan meraut. Selain untuk mengukir alat ini juga digunakan untuk mengiris sayur, mengupas rempah, mengolah ikan dan lain sebagainya. 

Kahui
Kahui adalah orangutan yang merupakan binatang khas Kalimantan. Orangutan di dunia hanya terdapat di dua negara di Asia yaitu di Indonesia tepatnya Kalimantan dan Sumatera serta Malaysia.

Manyila Uei
Berarti Membelah rotan kegiatan ketika para perajin sedang membelah rotan dan terdapat perbedaan dengan mengukir. Agar menghasilkan sedikit besar Langgei ini juga digunakan untuk membelah dan meraut. Belahan yang dihasilkan juga sedikit melengkung dan nama lokalnya disebut dengan langgei gunjak atau langgei bawi. 

Mantat gita
Adalah sebuah patung nyadap karet yang merupakan ciri tradisi kalteng dengan sumber daya alam untuk penghasilan rakyat. Karet adalah salah satu hasil perkebunan Kalteng. 

Muar Bajanyi
Patung mengambil belah madu yang dilakukan pada malam hari oleh masyarakat Kalteng. Muar berarti satu untuk mengusir induk lebah dari sarang dengan asap. Untuk mengusir lebah dengan pelepah kelapa atau hambutut yang diarahkan kebawah sarang, sehingga induk mereka meninggalkan sarang.

Seni Pahat Patung Khas Masyarakat Kalimantan Tengah

Manuggal
Berarti menanam padi dengan teknik melubang menggunakan kayu yang diruncingkan, kayu yang digunakan adalah kayu ulin, banuas dan lain - lain. Setelah terlubangi bibit padi dimasukan ke dalam lubang dan tutup kembali.

Memisahkan Bibit padi
Patung proses penanaman padi disawah terlebih dahulu disemai sebelum proses menanam padi dan setelah cukup umur dicabut dan ditanamkan kembali yang akhirnya menghasilkan gabah.

Menggetem
Adalah Patung yang berupa keunikan tersendiri dalam proses panen padi yang ketika memanen hanya dipetik pada bagian tangkainya saja. Alat yang digunakan disebut gentu atau ani- ani dan palundur adalah tempat untuk menampung padi. 

Patung Manetes
Patung manetes ini adalah patung yang menggambarkan masyarakat kalteng yang sedang memanen rotan dan dengan menggunakan alat khas pisau ambang. 

Patung Mengangkut rotan ini patung yang menggambarkan masyarakat Kalimantan tengah yang sedang memanen rotan.

Manasap ini sebuah patung yang atau membuat pipis atau cubek atau ulak. 

Patung yang menggambarkan masyarakat Kalimantan yang akan berangkat ke ladang dengan membawa alat pisau, keba dan juga amabang sebagai atribut berladang. Baca Getah Nyatu Kerajinan Khas Suku Dayak Kalimantan Tengah.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel