Tari Manasai Tarian Tradisional Kalimantan Tengah Paling Interaktif

Tari Manasai Tarian Tradisional Kalimantan Tengah Paling Interaktif - Tari Manasai adalah tari tradisional sebagai simbol kegembiraan masyarakat Kalimantan Tengah. Tari ini salah satu yang digunakan untuk menyambut tamu atau para wisatawan.

Bentuk tarian ini adalah melingkar dan interaktif dan mengundang para penonton untuk bergabung atau menari. Bentuk tari tersebut akan semakin besar dengan bergabungnya penonton ke dalam lingkaran, sehingga tari ini akan lebih meriah dan menghanyutkan para penonton untuk ikut menari.
Tari Manasai Tarian Tradisional Kalimantan Tengah Paling Interaktif

Gerakan tari Manasai ini sederhana, misalnya gerakan berputar searah dengan jarum jam. Pertunjukan tari ini diawali dengan penari menghadap ke dalam lingkaran, berputar, menghadap keluar lingkaran dan berputar ke arah kiri, maju dan berlawanan dengan arah jarum jam. Gerakan tersebut adalah sebuah pola dengan iringan lagu manasai.  Baca Tari Gerak tari tuntung tulus Kalimantan Tengah.

Tari Manasai ini menggunakan busana adat yang yaitu dengan menggunakan penutup kepala dan di tersisip bulu burung tingang. Para penari juga dilengkapi dengan bahalai atau selendang. Properti lainya adalah guci yang dihias dan dikelilingi oleh para penari.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel