Kisah Di Balik Tarian Panji Semirang

Kisah Di Balik Tarian Panji Semirang - Tari Panji Semirang adalah tarian tradisional yang berasal dari Bali yang diciptakan pada tahun 1942 oleh I Nyoman Kaler. Tari ini menceritakan tentang putri raja bernama Galuh Candrakirana yang menyamar menjadi seorang lelaki dengan nama samaran Raden Panji.

Pengembaraan yang dilakukan oleh Candrakirana tersebut setelah kehilangan suaminya yang bernama Galuh Inu Kertapati. Dalam babad Bali antara Galuh Candrakirana dan Panji Inu Kertapati adalah masih berstatus kekasih. Sedangkan dalam pertunjukanya tarian yang ditampilkan mencerminkan gerak laki - laki. Baca Jenis Dan Kisah Tari Legong Pulau Bali.

Kisah Di Balik Tarian Panji Semirang

Kisah dari sejarah tari ini yaitu Galuh Candrakirana yang dijodohkan dengan Raden Inu Kertapati. Galuh Candrakirana adalah putri kerajaan Kediri, sedangkan Pangeran Inu Kertapati dari kerajaan Jenggala. 

Pada saat Pangeran datang bermaksud untuk meminang Galuh Candrakira dan oleh si Galuh Liku dikabarkan kalau putri yang akan dipinangnya jatuh sakit dan menghilang, Galuh Liku jatuh hati kepada Pangeran tersebut dan gagal untuk menikahi Pangeran Inu Kertapati. Sedangkan Galuh Candrakiran mengembara mencari Raden Panji Inu Kertapati.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel