Ragam Alat Musik Tradisional Provinsi Bengkulu

Ragam Alat Musik Tradisional Provinsi Bengkulu - Provinsi Bengkulu memiliki banyak suku dengan berbagai latarbelakang budaya yang membentuknya. Salah satu dari kebudayaan tersebut adalah Alat musik tradisional asli dari Bengkulu, antara lain Geritan bercerita sambil berlagu, Serambek seni patatah - petitih, Andei - andei sastra atau nasehat dan sambei atau vokal yang dipentaskan untuk pesta perkawinan. 

Alat Musik Doll
Alat ini berbentuk cembung dan mirip gendang. Alat ini pada jaman dulu digunakan untuk perayaan Tabot (1- 10 Muharram) sebuah perayaan Untuk mengenang kematian cucu nabi Muhamad. Alat ini tidak semua orang dapat membunyikan kecuali orang keturunan India yang diperkenankan memainkan atau Sipai. 

Terdapat aturan yang perlu ditaati dalam memainkan Dol yang terkait dengan jenis pukulan serta ritme tepukan. Tiga jenis tepukan dalam aturan tersebut antara lain Suwena, tamatan dan suwari. 

Suwena adalah pukulan dengan tempo lambat menggambarkan duka cita.
Tepukan Tamatan adalah pukulan dan ritme cepat untuk suasana riang, dan.
Suwari tepukan satu- satu yang digunakan untuk tempo panjang. 

Dalam permainanya Dol dimainkan secara kelompok seperti tassa, serunai, rebana yang mengiringi. 

Ragam Alat Musik Tradisional Provinsi Bengkulu

Rebana Kerincing Atau Tassa
Rebana kerincing ini alat tradisional rebana yang terdapat logam pada bagian sisi yang menghasilkan suara gemrincing bila ditepuk atau dimainkan  yang dihasilkan oleh benturan logam. Alat ini ditemukan suku Muko- muko daerah Bengkulu Selatan 5 maret 1998. 

Alat Musik Serunai
Dalam tradisi Bengkulu terdapat dua jenis serunai atau seruling yang terbuat dari logam dan kuningan yang cara membunyikanya dengan ditiup. Terdapat enam nada dan enam lubang pada serunai serta corong batok kelapa. Alat ini juga dimainkan sebagai iringan seperti alat musik lain. 

Alat Musik Kulintang
Alat musik kulintang adalah alat tradisional Bengkulu. Kulintang terbuat dari dua jenis yaitu terbuat dari logam dan terbuat dari bahan kayu. Cara membunyikan alat ini dengan cara dipukul khusus. Bunyi yang dihasilkan alat ini berbeda, kulintang logam menghasilkan suara lebih nyaring. 

Alat Musik Gambus
Hampir disetiap darerah di Indonesia memiliki alat musik Gambus. Alat ini adalah khas Jazirah Arab dikenal pada masyarakat Melayu Bengkulu. Pada zaman dulu Gambus ini digunakan untuk hiburan para pedagang yang berlayar. Kini alat ini digunakan untuk iringan melodis khas Bengkulu. Alat ini terdiri dari 9 dawai cara membunyikanya dengan dipetik. 

Gendang Panjang
Adalah  alat musik terbuat dari kulit kambing terbentang pada kayu kelapa. Agar merenggang kuat kulit ini dijalin dengan tali nilon sehingga menghasilkan suara nyaring bila ditepuk. Alat ini biasanya dimainkan dalam upacara adat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel