Alat Musik Tradisional Betawi / Ansambel Musik Daerah Betawi DKI Jakarta

Alat Musik Tradisional Betawi / Ansambel Musik Daerah Betawi DKI Jakarta - Kesenian DKI Jakarta tidak terlepas dari kebudayaan Betawi. Dalam hal kesenian Gambang kromong merupakan kesenian yang paling dikenal dan berasal dari Betawi. 

Gambang Kromong memang identik dengan kebudayaan Betawi yang sering ditampilkan setiap Ulang Tahun kota Jakarta. Selain Gambang kromong masyarakat Betawi juga mengenal alat musik lain, antara lain :

Alat Musik Gambang Kromong
Alat musik gambang kromong adalah kelompok dari berbagai alat musik atau instrumen. Gambang adalah nama alat musik yang dimainkan dalam ansambel gambang kromong. 

Gambang kromong adalah hasil dari sebuah akulturasi seni musik Tionghoa dengan suku Betawi pada abad ke 18. Seni musik yang berasal dari Tionghoa antara lain Tehyan, Sukong dan Kongahyan. Selain itu, Gambang kromong juga digunakan untuk mengiringi tarian tradisional Betawi. 

Alat Musik Tradisional Betawi / Ansambel Musik Daerah Betawi DKI Jakarta

Sedangkan alat musik Betawi antara lain gambang, kromong, kecrek, gendang dan gong. Lagu yang dibawakan orkestra Gambang kromong antara lain : Sirih Kuning, jali- jali dan Lenggang Kangkung.
Selain alat musik Gambang kromong terdapat beberapa alat musik lain yang digunakan dalam pertunjukan orkes gambang kromong, antara lain :

- Kongahyan : Rebab sedang
- Tehyan : Rebab Kecil
- Shukong : Rebab besar
- Kecrek 
- Gendang 
- Gong

Alat Musik Tanjidor 
Tanjidor adalah sebuah ansambel musik atau kelompok instrumen alat musik dengan berbagai ragam bentuk dan cara memainkan. Tanjidor merupakan hasil akulturasi musik Eropa dan lokal. 

Melalui bangsa Portugis pada abad ke 18 musik Tanjidor dikenal oleh warga Betawi. Dalam bahasa Portugis "Tangedor" yang berarti alat musik berdawai. 

Alat Musik Tradisional Betawi / Ansambel Musik Daerah Betawi DKI Jakarta

Dalam ansambel musik Tanjidor terdapat beberapa alat musik tiup antara lain : Klarinet, trombon, saksofon dan piston. Selain itu juga terdapat alat musik lainya seperti teor, bas dan tambur. Orkes Tanjidor sering ditampilkan untuk keperluan upacara adat Betawi. 

Alat Musik Marawis
Adalah hasil dari perpaduan antara alat musik Arab dan melayu. Alat musik juga sering dimainkan dalam kesenian tradisional Betawi, antara lain : Tamborin, rebana, gambus da papan tepok. 

Alat Musik Tradisional Betawi / Ansambel Musik Daerah Betawi DKI Jakarta

Alat Musik Keroncong Tugu
Adalah sebuah kelompok atau ansambel musik berbentuk keroncong hasil akulturasi bangsa Portugis dan masyarakat Betawi. Hasil akulturasi tersebut terdapat pada jenis musik serta lagu yang dimainkan, antara lain : Cello, Gitar, Mandolin, Cak, Rebana dan Triangle.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel