Alat Musik Tradisional Daerah Papua Barat

Alat Musik Tradisional Daerah Papua Barat - Alat musik tradisional Papua Barat terdiri dari berbagai ragam bentuk dan cara membunyikanya. Selain untuk hiburan bagi yang memainkanya alat ini juga digunakan untuk berbagai keperluan dalam iringan tarian daerah di Papua Barat.

Berikut ini adalah Alat musik Tradisional Di Papua Barat : 

Guoto
Adalah alat musik yang cara membunyikanya dengan cara dipetik. Alat ini terbuat dari kulit binatang lembu. 

Alat Musik Triton
alat ini terbuat dari kerang sebagai alat musik tradisional Papua. Cara membunyikan alat ini dengan cara ditiup, beberapa daerah yang dapat dijumpai alat musik triton antara lain, Biak, Yapen, Waropen, Nabire, Wondama dan Raja Ampat. alat ini jaman dulu digunakan sebagai alat panggil dan kini sebagai alat musik tradisional Papua Barat. 

Alat Musik Tradisional Daerah Papua Barat

Alat Musik Yi
Alat ini sejenis triton, pada jaman dulu digunakan sebagai alat komunikasi memanggil penduduk dan kini "Yi" digunakan untuk iringan tarian daerah Papua Barat. Cara membunyikanya di tiup. 

Alat Musik Tifa
Alat ini dapat ditemui di Papua walau alat serupa dapat ditemui di daerah lain. Cara membunyikan alat ini dengan cara dipukul dengan potongan kayu. Bentuk alat ini unik dan menarik dengan hiasan ukiran yang merupakan ciri khas tifa. 

Alat Musik Pikon
Alat ini berbentuk bulat lonjong berukuran kecil terbuat dari bambu. Terdapat seutas tali pada bagian tengah bambu yang terikat dengan lidi penggetar. Bunyi yang dihasilkan bila lidi penggetar ditarik dan potongan penggetar bergetar. 

Alat musik Krombi
Alat ini berupa potongan bambu dan cara membunyikanya dengan menggunakan potongan bambu kecil yang diketuk. Alat ini juga digunakan untuk iringan tarian daerah upacara pesta adat masyarakat Papua Barat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel