Alat Musik Tradisional Unik Daerah Banten

Alat Musik Tradisional Unik Daerah Banten - Banten selain dikenal dengan tari Cukin asli budaya daerah Banten, juga dikenal dengan beberapa alat musik tradisional yang unik dengan ragam bentuk dan cara membunyikan. Berikut ini beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Banten. 

Alat Musik Bedug 
Alat musik ini telah lama ada sebelum Agama Islam masuk ke Indonesia dan dikenal lebih dulu oleh masyarakat Banten dengan sebutan gendang tradisional yang pada waktu itu digunakan untuk komunikasi. Alat musik Bedug ditampilkan dalam bentuk rampak Bedug atau secara bersama- sama. Lihat seperti yang tampak pada gambar. 

Alat Musik Angklung Buhun
Alat ini tidak hanya dikenal di daerah Jawa Barat dan telah lama dikenal lama dalam kebudayaan masyarakat Baduy dengan nama angklung Buhun. Cara membunyikanya dengan cara digoyang sambil menari. Angklung ini dimainkan dalam upacara seren taun atau ritual adat lain. Kini Angklung mulai di ajarkan kepada anak- anak sekolah. 

Alat Musik Tradisional Unik Daerah Banten

Alat Musik Dog Dog Lonjor
Alat musik ini pada saat dimainkan berbunyi dog dog, dan berkembang di daerah Banten Selatan. Dog dog berarti panjang. Memang bentuk dog dog ini berukuran 1 meter. 

Alat ini terbuat dari batang kayu 20 hingga 30 cm pada salah satu ujung ditutup dengan kulit dan pada bagian tengahnya berongga. Kulit untuk menutup berfungsi sebagai membran. Alat musik ini dimainkan dalam berbagai upacara adat seperti seren taun dan pengiring lagu daerah Banten. 

Pantun Bambu
Alat musik ini terbut dari bambu dan dengan diameter 10 cm serta panjang 80 cm, sedangkan resonatornya dari bambu itu sendiri. Terdapat tiga senar terbuat dari sembilu. Cara membunyikanya dengan cara dipukul. 

Kini seiring perkembangan zaman alat musik Pantun bambu dapat dikolaborasikan dengan alat musik daerah lain selain Banten. 

Alat Musik Lesung
Alat ini pada awalnya digunakan sebagai alat penumbuk padi, Bunyi yang dihasilkan sangat unik ketika alu dan lesung bertumbuk. Melalui orang- orang kreatif akhirnya lesung ini dijadikan sebagai alat musik tradisional. Alat ini biasanya ditampilkan pada saat mmenyambut pesta panen. Sedangkan pertunjukanya dikenal dengan "kotekan lesung".

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel