Ragam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jambi Dan Cara Membunyikanya

Ragam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jambi Dan Cara Membunyikanya - Jambi selain terkenal dengan seni tari seni pertunjukan yang mempesona juga terdapat beberapa hasil karya seni lain yang digunakan untuk mengiringi pertunjukan seni tari. 

Berikut ini adalah beberapa alat musik tradisional daerah Jambi dengan berbagai bentuk dan cara membunyikanya. Alat musik daerah Jambi memiliki berbagai keunikan tersendiri yang dikenal sampai sekarang. 

Serangko
Cara membunyikan alat ini dengan cara ditiup terbuat dari tanduk kerbau dan panjang 1 hingga 1,5 meter. Alat musik ini pada jaman dulu digunakan untuk komando atau musibah kematian. 

Serdam
Adalah alat musik tiup sejenis suling dan terdiri dari empat lubang. Alat ini digunakan untuk mengiringi musik tradisional Melayu dan memiliki bunyi yang khas. 

Ragam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jambi Dan Cara Membunyikanya-art

Sekdu 
Alat ini cara membunyikanya dengan cara ditiup terbuat dari bambi dengan ukuran 1,5cm. Klep peniup adalah pada bagian lubang untuk meniup. Nada yang dihasilkan nada do,re,mi,sol,la. Serdu digunakan untuk masyarakat melayu tua dan upacara adat. 

Genggong 
Cara membunyikanya dengan cara ditiup yang memiliki lidah getar sehingga menghasilkan suara. genggong terbuat dari kayu, bambu dan juga pelepah enau. 

Marawis
Sejenis alat musik rebana dengan ukuran lebih besar dan dimainkan secara berkelompok dan kini dikenal juga musik marawis atau band marawis. 

Rebana Sike
Rebana ini sama dengan rebana pada umumnya. Alat ini terbuat dari kayu dan kulit. Cara membunyikan alat ini dengan cara dipukul pada bagian kulit yang berbentuk bulat. 

Ragam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jambi Dan Cara Membunyikanya

Kompangan
Bentuk alat ini sama dengan rebana sike perbedaanya terletak pada ukuran, kompangan berukuran lebih kecil serta pipih bentuknya. 

Akordeon
Alat ini cara membunyikanya dengan cara menekan tuts piano dengan cara dipompa. 

Cangor
Bentuk cangor ini seperti gendang dan cara membunyikanya dengan cara dipukul. Pada bagian sisi cangor tidak terbuat dari kulit.

Kelintang kayu
Alat ini terbuat dari potongan kayu cara membunyikanya dipukul dan termasuk jenis alat musik perkusi Bernada.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel