Ragam Jenis Pertunjukan Tari Daerah Jambi

Ragam Jenis Pertunjukan Tari Daerah Jambi - Jambi yang terdiri dari berbagai daerah Kabupaten hampir memiliki ciri khas karya seni yang merupakan asal muasal berbagai tari yang terdapat di provinsi Jambi. Berikut ini Tari Serengkuh Dayung, tari Rantak Kudo, Tari Kisan adalah tari yang berasal dari kota Jambi.

Tari Serengkuh Dayung

Tari Serengkuh Dayung hingga saat ini tidak diketahui pasti siapa penciptanya tetapi tarian ini telah di tata ulang oleh Aini Rozak pada tahun 1990. Pertunjukan tari ini adalah menggambarkan perasaan searah dan setujuan serta kebersamaan dalam segala sesuatu. Pertunjukan tari daerah Jambi ini dilakukan oleh para penari putri. 

Ragam Jenis Pertunjukan Tari Daerah Jambi - art
    Tari Rantak Kudo

    Tari ini berasal daerah Kerinci dan daerah hamparan rawang sejak tahun 1970. Tari ini adalah tarian pergaulan dan tidak memandang kedudukan ataupun strata sosial. Pada jaman dahulu tari ini ditampilkan sebagai hiburan pada upacara pernikahan kini berkembang pada acara kenduri dan upacara adat lainya. 

    Pertunjukan tari ini para penonton juga diperbolehkan menari bersama penari bersama sehingga tari ini termasuk tari masal. 

    Gerakan tari ini diambil dari gerakan pencak silat antara lain merayap, langkah tigo dan berseling.

    Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tarian ini adalah rebana besar dan "pengasuh" atau seorang vokalis. Syair yang dilantunkan berupa pantun atau lagu sesuai kebutuhan. Tetabuhan alat musik untuk iringan tari ini cenderung rentak gembira. 

    Busana tari yang dipakai penari rantak kudo ini tidak ditentukan dan busana yang dipakai oleh penari dan penonton berlangsung, tetapi pada umumnya setiap kelompok tari memiliki kostum yang telah ditentukan sendiri. Tarian ini juga digemari oleh masyarakat Kerinci Jambi. 

    Tari kisan

    Tari Kisan adalah tari tradisional dari Kabupaten Sarolangun serta Kabupaten Bangko Provinsi Jambi. Tarian ini menggambarkan mengolah padi menjadi beras yang merupakan kegiatan sehari - hari masyarakat Sarolangun. Tarian ini dilakukan oleh penari remaja putri.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel