Ragam Kerajinan Tangan (Souvenir) Khas Kepulauan Riau

Ragam Kerajinan Tangan (Souvenir) Khas Kepulauan Riau - Batik Gonggong adalah salah satu souvenir hasil kerajinan masyarakat di Kepulauan Riau. Berikut ini adalah batik yang merupakan kerajinan khas kepulauan Riau. 

Corak motif batik ini mengadopsi makanan khas yang ada di Riau. Batik Gonggong merupakan batik khas asal Tanjung Pinang dan telah dikenal diberbagai negara dan dapat dijumpai sebuah sampel yang ada di Museum tekstil Jakarta. 

  • Batik Motif Tikar Serasan
Selain batik Gonggong terdapat pula motif batik Tikar Serasan yang merupakan hasil rancangan seorang desainer kondang yang bernama Ramli yang terinspirasi anyaman tikar pandan kerajinan warga Serasan di Kabupaten Natuna. Batik ini kini telah menjadi produk kerajinan seni kriya unggulan Kepulauan Riau.

Ragam Kerajinan Tangan (Souvenir) Khas Kepulauan Riau
  • Kain Cual
Kain Cual adalah karya asli tenun daerah Kepulauan Anamabas. Pertama kali batik ini dibuat pada tahun 1963 ditenun oleh Hj, Halimah yang berasal dari Kampung teluk Encau bagian dari Kecamatan Siantan Timur. 

Terdapat lima motif khas kain cual antara lain : 
Motif bunga pucuk rebung, tudung saji, Sampan Layar, Bulan Purnama dan Padang terbakar. 

  • Tudung Manto
Merupakan kerajinan yang berasal dari Lingga salah satu Kabupaten Riau. Kerajinan ini telah ada sejak tahun 1755. Tudung ini digunakan sebagai penutup kepala bagi para perempuan yang bersuami untuk kegiatan adat atau acara tertentu saja. 

Proses pembuatan Tudung Manto ini dilekukan penjahitan tangan oleh para pengrajin yang memakan waktu selam dua pekan hingga satu bulan.

Demikian ulasan seni Ragam Kerajinan Tangan (Souvenir) Khas Kepulauan Riau. Dapatkan berbagai jenis kesenian daerah yang berasal dari Riau beserta keunikan, nilai budaya dan makna yang terkandung pada karya seni beserta ulasan seni budaya Indonesia dan mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel