Tari Endeng - Endeng Tapanuli Selatan Di Tangan Seniman Masa Kini

Tari Endeng - Endeng Tapanuli Selatan Di Tangan Seniman Masa Kini - Tari Endeng - endeng adalah tarian tradisional yang berasal dari Labuhan Batu Utara. Tari tersebut merupakan perpaduan antara seni berdah dari etnis Melayu dan Tor - tor Onang - onang yang berasal dari Tapanuli Selatan. 

Tari Endeng - endeng ditampilkan sebagai tari hiburan yang merupakan sebagai sarana untuk mengungkapkan kegembiraan dan juga berfungsi sebagai tari hiburan dan pergaulan. Pertunjukan tari Endeng - endeng secara tradisi terbagi menjadi dua yaitu pada waktu malam hari setelah acara kenduri atau sukuran dan siang hari ditampilkan setelah acara mengupah - upah. 

Pertunjukan yang dilakukan pada waktu malam hari dan siang hari adalah sama. Perbedaan tarian terletak pada urutan acara yang pada malam hari setelah tepung tawar dan siang hari setelah mengupah - upah. 

Tari Endeng - Endeng Tapanuli Selatan Di Tangan Seniman Masa Kini,art
    Gerak yang dilakukan dalam pertunjukan sama yaitu gerakan telapak tangan yang membuka dan menutup dan menggenggam. Sedangkan iringan tarian yang digunakan tergolong modern yaitu perpaduan alat musik etnis Melayu gendang Pak Pung dan Rebana serta keyboard, drum serta gitar. Baca Tari Tor Tor Tongkat Tunggal Sumatera Utara.

    Dalam pertunjukanya, Tari Endeng - endeng ditampilkan oleh sepuluh orang, dua orang vokalis dan satu orang pemain keyboard, satu pemain tamborin dan lima orang penabuh gendang juga seorang pemain ketipung kecil. Lagu - lagu yang yang dinyanyikan dalam pertunjukan tari ini berbahasa Tapanuli Selatan. Sedangkan durasi tari ini selama empat jam dengan kesan tari yang gembira. 

    Seiring perkembangan jaman kini tari Endeng - endeng mulai berkurang dan bahkan jarang ditemui karena terdapat hiburan lain yang lebih digemari masyarakat setempat, sehingga untuk bertahan ditangan para seniman dilakukan inovasi berubah dari wujud aslinya. 

    Inovasi yang dilakukan oleh para seniman endeng - endeng adalah dengan mengombinasikan seni khas Tapanuli dengan zikir bordah serta tarian Cenggok - cenggok dan juga membawakan lagu dangdut dan alat yang digunakan beragam.

    Semoga bermanfaat.

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel