Tari Jaipong Tari Daerah Kebanggaan Masyarakat Bandung Jawa Barat

Tari Jaipong Tari Daerah Kebanggaan Masyarakat Bandung Jawa Barat - Tari Jaipong adalah tarian daerah yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Tarian ini menurut sumber yang ada diciptakan dari Gugum Gumbira, sedangkan untuk yang menciptakan gerakan tari ini oleh H Suanda dan Gugum Gumbira adalah seniman yang memperkenalkan tari Jaipong kepada masyarakat Bandung. 

Tari Jaipong adalah sebuah seni pertunjukan tari yang sangat meriah. Pada awalnya tari jaipong ini diiringi dengan musik degung. Tari jaipong adalah sebuah pertunjukan tari pergaulan.

Gerakan tari Jaipong terdiri dari berbagai macam gerakan tarian daerah, yaitu gerak tari ketuk, tari ronggeng dan gerak pencak silat. Gerakan tari tersebut diminati oleh masyarakat Bandung.

Tari Jaipong Tari Daerah Kebanggaan Masyarakat Bandung Jawa Barat

Tari Jaipong merupakan suatu karya seni yang unik dan membuat siapa saja akan dapat menikmati selain dari gerakan jaipong yang memang enerjik. Kesenian jaipong adalah sebuah karya seni kebanggaan Jawa Barat. 

Tarian ini sering ditampilkan dalam berbagai acara selain untuk upacara adat juga digunakan untuk even budaya. Tarian jaipong ini juga memiliki kesan lucu yang muncul dari penari dan iringan musiknya, sehingga masyarakat terhibur dengan pertunjukan tari jaipong.

Selain sebagai hiburan, tari jaipong juga digunakan sebagai ikon untuk mempromosikan kekayaan daerah Bandung Jawa barat yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. 

Gerak Tari Jaipong
Terdapat empat ragam gerakan penari dalam pertunjukan tari Jaipong Jawa Barat, antara lain :

Gerak Bukaan 
Adalah sebuah gerak pembuka penari dengan memainkan selendang jalan berputar. 

Pencungan
Sebuah pertunjukan gerak cepat jaipong yang terdapat pada berbagai ragam gerak pada tari Jaipong. 

Ngala
Sebuah gerakan yang terkesan patah - patah dari satu gerakan ke gerakan lain dengan gerakan secara cepat atau dengan tempo cepat.

Mincit
Gerakan ini setelah ngala dengan gerakan perpindahan dari satu ragam gerak ke ragam gerak lain. 

Busana tari Jaipong

Busana yang digunakan penari jaipong terkensan tradisional walau terdapat perbedaan antara busana tari jaipong tradisional dengan jaipong gaya baru. Busana tersebut antara lain :

Sinjang berupa celana panjang yang dipakai penari.
Apok baju kebaya yang dipakai penari dengan ornamen khas. 

Sampur atribut utama tari jaipong dan sering dimainkan dalam setiap gerakan tari selain pembuka hingga akhir pertunjukan. 

Alat Musik Yang digunakan, antara lain :

Gendang Jaipong khas Jawa Barat. 

Ketuk sejenis alat musik bonang, cara membunyikanya di pukul. 
Rebab jawa barat berfungsi untuk mengiringi tari jaipong. 

Gong alat musik pengiring jaipong, cara membunyikan dipukul pada bagian tengah atau pencon. cara pemasangan digantung diantara dua bilah. 

Kecrek seperti alat musik yang terdapat di Jawa tengah dalam pertunjukan wayang. Cara membunyikanya dibenturkan antara badan kecrek, Kecrek ini berbentuk bulat seperti simbal berukuran kecil dan lebih tebal.

Alat musik yang digunakan untuk mengiringi tari Jaipong untuk alat musik kendang memiliki pola pukulan tersendiri sesuai dengan gerakan tari.

Demikian ulasan kesenian tari Jaipong yang menjadi kebanggan masyarakat Bandung dan pembahasan seputar keunikan tari jaipong, busana, alat musik yang digunakan dalam pertunjukan tari Jaipong.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel