Musik Ansambel: Jenis - Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Fungsinya

Musik Ansambel: Jenis - Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Fungsinya - Alat Musik berdasarkan fungsinya dalam pementasan alat musik terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu: melodis, Ritmis dan Harmonis. 

Alat Musik Melodis: Alat musik melodis berfungsi untuk memainkan nada serta melodi pada sebuah lagu, antara lain: rekorder, biola, flute dan melodi. 

Alat Musik Ritmis: Alat musik ritmis ini berfungsi untuk memberikan irama atau ritme dalam penyajian musik yang berhubungan dengan ketukan (pulsa) serta birama. Alat musik ritmis biasanya jenis alat musik perkusi antara lain: tifa, kendang, bas, gong, tamborin, rebana dan kelompok drum

Musik Ansambel: Jenis - Jenis Musik Ansambel Berdasarkan Fungsinya
Musik Ansambel

Alat musik Harmonis: Alat musik yang berperan sebagai pembawa paduan nada atau disebut akor. Misalnya alat musik gitar. Alat musik harmonis ini dapat berdiri sendiri dalam melodi atau perpaduan anda yang disebut juga sebagai alat musik soliter. 

Alat musik harmonis ini biasanya berfungsi ganda, yaitu sebagai pembawa melodi dan pengiring lagu dan dapat dinikmati secara tunggal. Alat musik tradisional soliter misalnya, talempong, siter, kecapi sunda, gambang dan gender. 

Berdasarkan jenis alat musik yang digunakan terdiri dua macam musik ansambel, yaitu alat musik ansambel sejenis dan campuran. Musik ansambel sejenis terdapat satu jenis alat musik dalam jumlah banyak, misal gitar, rekorder, ansambel ritmis. 

Sedangkan alat musik ansambel campuran antara lain menggunakan alat musik melodis, ritmis dan harmonis yang dimainkan secara bersamaan, misal orkestra, seperangkat gamelan yang dimainkan secara bersama dan harmonis.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel