Definisi/ Pengertian Lagu Mars

Definisi/ Pengertian Lagu Mars - Lagu mars adalah sebuah jenis musik yang dimainkan atau disajikan dengan komposisi irama teratur atau menghentak dan cenderung keras (dinamik marcato). Tempo yang di gunakan pada umumnya cepat dengan birama/ketukan genap 2/4, 4/4, 6/8.

Menurut sejarahnya musik atau lagu mars ini diciptakan oleh kalangan militer yang digunakan untuk iringan saja dan tanpa syair dalam kegiatan pasukan. Alat yang digunakan antara lain, drum, simbal dan terompet. Musik Mars biasanya berkesan semangat. Sajian musik tanpa vokal/syair di sebut musik instrumental. Baca Pertunjukan Dan Bentuk Penyajian Musik.

Definisi/ Pengertian Lagu Mars

Dalam perkembanganya, tempo serta dinamik lagu mars kini berkembang diberbagai kalangan atau organisasi. Selain lagu Mars, lagu hymne juga berkembang di berbagai organisasi. 

Penyajian lagu Mars ini selain semangat juga riang, gembira, kompak, jiwa persatuan dan kesatuan. Lagu ini biasanya dinyanyikan secara kelompok atau disebut dengan paduan suara dan tanpa iringan musik, yang digunakan untuk iringan parade atau prosesi. 

Contoh Lagu Mars antara lain: Maju Tak Gentar, Halo - Halo Bandung, Mars Korpri, Mars PGRI dan banyak lagi lagu - lagu Mars lainya.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel