5 Alat Musik Modern Paling Populer Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan

5 Alat Musik Modern Paling Populer Berdasarkan Fungsi Dan Cara Membunyikan - Musik yang kita dengarkan memiliki makna serta filosofi tersendiri bagi para audienya. Musik dapat membuat orang menjadi gembira, semangat dan sebagainya. 

Berdasarkan fungsinya musik juga digunakan untuk berbagai keperluan misalnya meditasi atau ritual keagamaan pada zaman dulu. Musik yang dinikmati dihasilkan dari berbagai alat musik yang dimainkan. 

Alat musik memiliki dari berbagai proses dan berkembang seiring perkembangan zaman, mulai dari zaman kuno hingga modern. Berikut ini alat musik yang melegenda dan eksis hingga sekarang. 

5 Alat Musik Modern Paling Populer Berdasarkan Fungsi Dan Cara Mebunyikan

1. Gitar
Gitar tergolong alat musik harmonis yang cara memainkanya dengan dipetik. Terdapat dua jenis gitar, yaitu gitar akustik dan elektrik

Gitar Akustik memiliki lubang dibagian tengah sebagai lubang resonansi atau penghasil bunyi ketika dawai atau senar dipetik bergetar dan mengalir melalui pengikat gitar kedalam lubang resonansi. 

Gitar elektrik tidak memiliki lubang dan berbentuk padat pada bagian permukaan gitar. Kumparan yang tersentuh pada bagian gitar atau disebut 'pickup' melalui getaran senar atau dawai. Dalam Permainan musik alat musik ini dapat juga berfungsi sebagai melodi. 

Alat musik gitar termasuk alat musik modern.

2. Biola
Biola termasuk alat musik modern, melodis yang cara membunyikanya dengan cara digesek. Biola ini terdiri dari empat buah senar. Jenis musik yang menggunakan alat musik biola ini biasanya musik jazz, rakyat, klasik dan pop.

3. Piano
Piano adalah alat musik modern yang cara membunyikanya dengan cara ditekan pada bagian tuts. Piano termasuk alat musik harmonis seperti halnya gitar yang terdiri dari 88 tuts. Sedangkan untuk fungsinya piano dengan keyboard hampir sama, hanya saja piano berukuran lebih besar di banding keyboard. 

4. Drum
Drum adalah alat musik modern dan tergolong alat musik perkusi tidak bernada. Cara membunyikanya dengan cara dipukul menggunakan alat pukul khusus drum. Berdasarkan fungsinya alat musik ini digunakan untuk menentukan tempo. 

5. Terompet
Alat musik modern yang cara membunyikanya dengan ditiup dengan cara khusus. Alat musik terompet terbuat dari logam dan tentunya kalau bermain alat musik terompet dalam dibutuhkan harus melalui latihan khusus untuk hasil maksimal. Alat ini Berfungsi sebagai melodi atau penghias dalam permainan musik.

Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel