Pengertian Ornamen (Ragam Hias Pada Bahan Tekstil)

Pengertian Ornamen/Ragam Hias Pada Bahan Tekstil - Ornamen, Pengertian ornamen adalah menghias kain dan berfungsi sebagai nilai tambah yang terdapat pada kain agar lebih bagus dan menarik. Ornamen juga berarti hiasan yang terdapat pada arsitektur atau kerajinan tangan. 

Ornamen juga dianggap memiliki nilai simbolik atau maksud tertentu yang berhubungan dengan  pandangan atau falsafah hidup dari masyarakat pembuat, sehingga benda atau yang dihias dapat memiliki arti serta makna mendalam.

1. Menggambar Ornamen Primitif
Karya ornamen primitif adalah karya seni yang diciptakan pada zaman purba atau primitif. Adapun ciri dari ornamen primitif adalah tegas, sederhana dan kaku dan merupakan ekspresi manusia yang ada pada saat itu. Ornamen ini ada sejak zaman prasejarah dan sebagai cerminan dari tingkat kehidupan manusia pada zamanya. 

Pengertian Ornamen (Ragam Hias Pada Bahan Tekstil)

2. Menggambar Ornamen Tradisional Dan Klasik
Ornamen klasik dan tradisional adalah seni hias yang menurut norma atau aturan masyarakat dalam pengungkapanya. Nilai masyarakat selalu dijunjung tinggi mengingat seni hias diwariskan secara turun temurun pada teknik dan proses pembuatan. 

Pengertian Ornamen (Ragam Hias Pada Bahan Tekstil)

Pada perkembanganya ornamen tradisional terpengaruh dari berkembangnya pola hidup masyarakatnya sehingga setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Berikut ini ciri khas ornamen tradisional, antara lain:

a. Masing - masing corak yang memiliki keseragaman.
b. Daerah satu dengan yang lain memiliki kemiripan.
c. Paduan dari beberapa motif daerah yang membentuk kesatuan (karya kolektif).
d. Sederhana. 

Dari keberagaman tersebut dapat diterapkan pada dua ataupun tiga dimensi yang berfungsi sebagai elemen dekorasi. Jenis ornamen tradisional berbentuk geometris yang ada hingga sekarang dan masih dipakai adalah motif, parang, truntum serta kawung.

3. Menggambar Ornamen Modern
Ornamen modern adalah pengembangan dari ornamen yang sudah ada sebelumnya atau dengan penggarapan cita rasa baru dan kreatif atau merupakan sebuah penemuan baru. Ornamen modern juga seni yang bersifat kreatif serta tidak terbatas pada sifat tertentu, tempat dan waktu melainkan ditentukan berdasarkan pengalaman batin penciptanya.  Apa Saja ciri Ornamen modern, yaitu:

Pengertian Ornamen (Ragam Hias Pada Bahan Tekstil)

a. Masuk akal (Rasional).
b. Bersaing dan mencipta dalam proses kreatif (Kompetitif).
c. Terjadi perubahan dalam proses atau ekologis.
d. Rumit.
e. Tidak terkait dengan aturan tertentu atau progresif.
f. Personal sesuai dengan penciptanya (Individual).

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel