Aneka Ragam Alat Musik Tifa Alat Musik Tradisional Papua

Aneka Ragam Alat Musik Tifa Alat Musik Tradisional Papua - Alat musik Tifa adalah termasuk jenis alat musik tradisional perkusi yang tidak bernada dan berasal dari Maluku dan Papua wilayah Indonesia bagian timur. Berdasarkan bentuknya alat musik tifa menyerupai alat musik kendang yang terbuat dari kayu yang pada bagian tengah dilubangi. 

Cara membunyikan alat musik tifa dengan cara dipukul pada bagian kulit penutup lubang kayu dan agar menghasilkan bunyi yang diharapkan kulit rusa terlebih dulu di keringkan. 

Aneka Ragam Alat Musik Tifa Alat Musik Tradisional Papua

Tidak terlepas dari keindahan alat musik tifa diukir pada beberapa bagian. Di Papua alat musik tifa mempunyai berbagai ragam serta bentuk sesuai dengan adat mereka masing - masing, alat musik tifa yang terdapat di Papua antara lain: 

  • Tifa Dasar
  • Tifa Bass
  • Tifa Jengkir Potong
  • Tifa Jengkir
  • Tifa Potong

Fungsi dari alat musik tifa selain untuk keindahan dari musik itu sendiri juga digunakan untuk iringan tarian dari suku Asmat di Maluku, contohnya Tari Gatsi dan Tari Lenso. Sebutan alat musik Tifa di Maluku 'Tihal atau Tahito' dan Pulau Aru 'Titir'. 

Tifa totobuang adalah alat musik tradisional Indonesia yang tidak terpengaruh dengan budaya luar dan dapat di jumpai dalam pertunjukan tertentu saja. 

Demikian Aneka Ragam Alat Musik Tifa Alat Musik Tradisional Papua dan cara membunyikan. Dapatkan ragam ulasan kesenian yang berasal dari Papua dan berbagai ulasan kesenian tradisional dan modern diberbagai daerah Indonesia dan ulasan seni budaya mancanegara dengan mengakses Senibudayasia. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel