Keseragaman Bunyi Dan Keseimbangan (Blend dan Balance) Mengelola Paduan Suara

Keseragaman Bunyi Dan Keseimbangan (Blend dan Balance) Mengelola Paduan Suara - Keseragaman Bunyi Dan Keseimbangan (Blend dan Balance) Salah satu instrumen yang penting dalam paduan suara adalah homogentias atau blend. Homogentitas yang baik (well blended) akan tercapai bila ada keseragaman bunyi dalam ucapan huruf hidup a,e,i,o,u dan diftong (bunyi ganda) ai dan au. 

ketidakseragaman akan timbul bila paduan suara terdiri dari penyanyi - penyanyi dari berbagai suku, dan mereka tidak mau melepaskan atau menanggalkan kebiasaan ucapan sukunya. 

Dalam hal ini dirigenlah yang menentukan bunyi mana yang baik dan sesuai dengan lagu aynag akan dibawakanya. Harus di perloleh satu jenis bunyi (one choral tone).

Selanjutnya harus diperhatikan bahwa kata - kata lagu harus jelas. Ini diperoleh dengan ucapan huruf mati (konsonan) yang tegas. Awas dengan konsonan - konsonan pada akhir kata; harus serempak. Terutama huruf s dan f harus disinglat namun tajam. 

Keseragaman Bunyi Dan Keseimbangan (Blend dan Balance) Mengelola Paduan Suara

Yang disebut dalam bagian - bagian diatas biasa disebut dalam penyanyian atau perkooran Inggris: the three t-s of singing: 

- Tone your vowels: bunyi terbuka jelas/bagus
- Time your consonants; huruf mati diucapkan pada waktu yang tepat. 
- Tune your notes; semua not jelas/ beres. 

Disamping homogenitas perlu pula diperhatikan keseimbangan suara yang baik dalam paduan suara. Kelompok - kelompok suara S, A, T dan B dalam paduan suara campuran harus seimbang (well balanced). 

Keseimbangan ini bukan disebabkan oleh jumlah penyanyi ditiap kelompok, melainkan oleh sonoritas dari suara - suara kelompok. Melodi harus jelas. Dan biasanya Soprano lah yang membawakan.

Kedua dari situ: bass sebagai sokoguru akord harus jelas. Kemudian Tenor dan Alto tidak boleh melebihi kuatnya S dan B. Tidak berarti bahwa A dan T boleh lemah, atau tidak diperlihatkan, Justru A dan T melengkapi harmoni. Hanya jangan melebihi S dan B kuatnya. 

Jika dua unsur di atas (blend dan balance) diperhatikan, dibina oleh pembina paduan suara, di samping unsur - unsur lainya terdahulu yang telah dibicarakan, maka paduan suara yang dikelola dengan baik akan mencapai hasil seperti  yang diharapkan.
Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel