Pengungkapan Isi Lagu Dalam Mengelola Paduan Suara

Pengungkapan Isi Lagu Dalam Mengelola Paduan Suara - Conducting bukan hanya sekedar memberi aba - aba ketukan. Choral conducting adalah seni untuk menyatakan atau mengungkapkan maksud dari komposisi kepada kelompok penyanyi agar mereka dapat berekspresi atau mengekspresikan lagu itu. Membuat not yang mati menjadi musik yang hidup.

1. Interpretasi
Dalam pembicaraan umum, ada satu yang mana menjadi hukum dasar conducting, pemimpin harus mencerminkan isi musik melalui cermin wajah dan sikap tubuhnya. Di samping itu, semua teknik conducting harus merupakan pelayanan bagi kehendak dari musik itu sendiri. Biarkan musik itu memberitahukan kemana lenganmu harus pergi, gunakan gerakan yang "mengalir" untuk bagian yang halus dan gerakan - gerakan singkat untuk bagian - bagian yang ritmis. 

Gunakan gerakan luas untuk bagian - bagian keras atau forta;gerakan kecil bagian - bagian lembut (piano). Variasikan gerak untuk menyatakan crescendo, diminuendo dan bagian - bagian yang tajam dari lagu. Latihlah didepan cermin panjang, lihat apakah gerakmu sudah dapat menyatakan lagu yang akan engkau bawakan. 

2. Tempo
Dalam choral conducting atau memimpin paduan suara mengungkapkan musik dengan tempo yang tepat dan benar merupakan hal yang sangat penting. Perhatikan komponis itu memberi tanda metronom. Cara menghitung atau mengetahui metronom adalah sebagai berikut.

Pengungkapan Isi Lagu Dalam Mengelola Paduan Suara

Contoh :

M.M. 1 = 72 (berarti tiap menit harus dapat dilalui oleh not yang berharga 1/4). Misalnya tanda birama dari lagu ini adalah 4/4 dan jumlah ruas birama dari lagu itu adalah 18 buah ruas. 

Yang kita lakukan: 

a. Kalikan: Jumlah ruas birama x jumlah ketukan dalam 1 ruas birama dalam hal ini: 18 x 4 = 72. 
b. Bagi hasil ini dengan angka M.M. jadi 72/72 di kali 1 menit. 72 / 72 x 60' (1 menit).

Demikian ulasan Pengungkapan Isi Lagu Dalam Mengelola Paduan Suara  juga ulasan tentang interpretasi dan tempo semoga dapat memberikan pengetahuan tentang seputar paduan suara. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel