Cara Mencipta Lagu Sendiri Berkarya Dalam Musik

Cara Mencipta Lagu Sendiri Berkarya Dalam Musik - Anggapan menciptakan lagu mudah adalah omong kosong dan anggapan menciptakan lagu sulit tidak selamanya benar. Menciptakan lagu membutuhkan ketrampilan dan pengetahuan, ketrampilan didapatkan dengan ketekunan dan usaha keras yang terus menerus. 

Komponis artis terkenal Titik Puspa dan senior Melly Goeslaw mereka juga penyanyi pop handal tetapi mereka mengaku tidak menguasai teori musik, seperti menulis not angka dan not balok mereka tidak menguasai. Hasil karya lagu mereka dengan tata musik yang rumit yang kita nikmati adalah hasil akhir. 

Cara Mencipta Lagu Sendiri Berkarya Dalam Musik

Lagu - lagu yang mereka hasilkan tetap saja bermutu dan melegenda seperti lagu "kupu - kupu malam" karya Titik Puspa dan karya Melly Goeslaw "Menghitung Hari". 

Proses penciptaan lagu - lagu mereka dengan bersenandung terlebih dahulu, dari kisah tersebut menunjukan tidak menguasai ilmu musik, dengan bersenandung dengan tema tertentu kemudian mereka catat serta dihafal dan diberikan notasi.

Kisah serupa juga terjadi pada artis Campursari Didi Kempot yang seorang pengamen hasil lagu ciptaanya hingga suriname. Lagu yang diciptakan berdasar dari jatuh bangun pengalaman hidup dengan ketrampilan dengan pengetahuan yang tidak istimewa. 

Karya para komponis seperti W.A Mozart,W.R. Supratman, Kusbini, C. Simanjuntak dengan melodi dan harmoni yang berkarakter lebih indah. Lagu - lagu yang mereka ciptakan dengan pertimbangan segala aspek musikal, sehingga banyak yang harus dipelajari tentang pengetahuan teori musik. 

Contoh penciptaan lagu :

Dari pengamatan tersebut dengan tema lingkungan sekitar, misal; kupu  yang hinggap di atas bunga. Keindahan dari pengamatan tersebut dapat diperinci dan tulis hal - hal yang indah, sehingga menjadi lirik.  

Cara Mencipta Lagu Sendiri Berkarya Dalam Musik

Objek: 
- Kupu - kupu

Rincian:
- Warna sayap
- Cara terbang

Ungkapan:
- Kupu - kupu indah warna sayapmu.
- Merah hijau kuning ungu.
- naik turun bagai layang - layang
- gemulai bagai penari selendang. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel