Sejarah Musik R and B (Pencipta, Ciri - Ciri Musik, Instrumen) Dan Genre Musik R and B

Sejarah Musik R&B Dan Genre Musik R&B - Musik yang lebih dikenal dengan R&B adalah singkatan dari Rhytem-and-Blues. Ciri dari musik R & B adalah pada kualitas vokal yang santai serta musiknya mengutamakan improvisasi melodi. Genre atau gaya musik R&B adalah penggabungan dari beberapa genre musik tersebut antara lain: 

- blues
- jump
- club blues
- black and roll
- soul
- punk
- motown
- rock and roll
- disko
- rapp

Instrumen yang digunakan dalam musik R&B seperti dalam musik jazz yang menggunakan alat musik tiup seperti: saxophone dan sejenisnya untuk musik R&B kontemporer biasanya terdapat alat musik tambahan yaitu alat musik synthesizer.   

Sejarah Musik R&B (Pencipta, Ciri - Ciri Musik, Instrumen) Dan Genre Musik R&B

Pada tahun 1940 an musik R&B dibuat serta didukung oleh sebagian besar masyarakat Afrika-Amerika. Pencipta pertama kali musik jazz adalah Jerry Wexler yang lebih dikenal dengan Atlantic Records-nya. 

Istilah rhytem and blues (R & B) Menurut Jerry Wexler adalah sinonim dari musik "black rock and roll" atau yang dikenal dengan "musik rock and roll" yang pada pertengahan tahun 1950 an musik tersebut dimainkan oleh pemusik kulit hitam. 

Pada saat itu Musik rock and roll yang berasal dari kulit hitam dianggap sebagai R&B oleh para penggemar musik rock and roll kulit hitam. 

Nilai budaya kontemporer Eropa - Amerika adalah salah satunya nilai - nilai budaya yang terserap oleh nilai - nilai urban kulit hitam, hal tersebut karena pengaruh gaya musik R&B telah berkembang. 

Tina Turner adalah salah satunya penyanyi R&B yang mampu bertahan sukses dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Sepanjang pertengahan abad ke 20, sebagai sebuah tradisi R&B mampu membuat pengaruh besar musik populer kala itu, yang dapat ditelusur pada berbagai bentuk - bentuk musik, seperti: 

- rock
- western
- musik country
- jazz
- gospel
- Nigerian juju atau musik dansa populer
- Algerian rai atau musik populer dengan lirik pemberontakan

Musik R&B muncul di Indonesia pada tahun 1990 an dan terus berkembang hingga sekarang. Salah satu contoh penyanyi R&B Indonesia Glenn Fredly

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel