Sejarah Perkembangan Musik Jamaika

Sejarah Perkembangan Musik Jamaika - adalah sebuah pulau yang ditemukan colombus pada abad ke 15 asal muasal musik reggae, Pulau tersebut dihuni oleh suku Indian Arawak. 

Jamaikan berasal dari kosa kata Arawak "Xaymaca" yang berarti "Pulau Hutan air" dan akhirnya suku tersebut di musnahkan oleh kolonialisme spanyol dan Inggris pada abad ke 16 dan digantikan oleh budak berkulit hitam dari daratan Afrika. 

Pabrik gula dan perkebunan mulai bertebaran di sama untuk kerja para budak kulit hitam tersebut. Pada akhir tahun 1838 praktek perbudakan setelah penindasan antar manusia berlangsung selama dua abad. 

Sejarah Perkembangan Musik Jamaika

Nyanyian chant adalah sebuah wujud keterikatan kaum budak Afrika dengan tanah kelahiran pada waktu itu diantara kerja berat dan ancaman penindasan. Selain nyanyian chant juga dengan bebunyian drumming sederhana.

Drum yang dibawa dari Afrika disebut Burru dan talking drum (drum yang bicara) asli dari Afrika barat. Jonkanoo adalah musik campuran Afrika dan Jamaika yang terdiri dari permainan drum, alat musik berderik dan Conch tiup. 

"Mento" adalah musik yang terbentuk dari penggabungan musik sebelumnya. Mento adalah jenis musik sederhana yang terdiri dari alat musik gitar, tambourine, shaker, scraper, banjo dan lirik lagu lucu.
  • Pada tahun 20 dan 30an musik menarik perhatian seluruh pulau Jamaica.
  • Pada tahun 40 – 50an muncul musik SKA suara big band dengan aransemen horn (alat tiup), piano dan bop (ketukan cepat). 
  • Pada tahun 60an musik mento menghasilkan bentuk tari Skankin. 
  • Pada tahun 1956 dibentuk  Byron Lee and the Dragonaires yang dianggap pencipta ska. 
  • Pada tahun 60an memunculkan Rock Steady perkembangan musik ska dengan melambatkan tempo.
Musik reggae lahir dari jalanan Getho yang di perkampungan kaum rastafaria Kingson ibu kota Jamaika yang lirik lagunya sarat dengan ajaran rastafari, perdamaian dan keindahan alam juga gaya rambut gimbal yang menghiasi para musisi reggae.

Banyak dari para musisi dunia terinspirasi dengan musik reggae dengan masuknya reggae sebagai satu unsur musik dunia dan aliran musik yang menjadi konsumsi publik. Tidak hanya musik tetapi juga gaya rambut gimbal atau dreadlock dan lirik rasta. Musim dan gaya - gaya rasta kini menjadi produksi dan budaya pop seiring berkembangya zaman. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel