Aspek Keindahan Seni Kerajinan

Aspek Keindahan Seni Kerajinan - Seni kerajinan dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari - hari sebagai benda karya seni terapan. Benda seni kerajinan diciptakan guna untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari  dan berorientasi terhadap aspek fungsional dengan sifat ergonomi artinya bersifat aman dan nyaman. 

Sebagai benda karya seni maka tidak terlepas dalam penciptaanya membutuhkan sentuhan keindahan yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas. 

Aspek Estetik Karya Seni Kerajinan

Aspek yang terdapat dalam seni kerajinan dinilai dari aspek : 

- bentuk
- warna
- ragam hias
- fungsi

Jenis karya yang diciptakan seni karya kerajinan juga beragam dilihat dari segi matra, yaitu benda seni kerajinan dua dimensi dan tiga dimensi. Sedangkan dari segi bentuknya berdasarkan : proporsi, komposisi. 

Dari segi warna juga beragam mulai pewarnaan yang digunakan untuk keindahan dan warna yang digunakan sebagai lambang. 

Dari segi fungsi ini sangat akrab dalam kehidupan sehari - hari misalnya : gantungan kunci hingga bentuk meja kursi yang bervariasi dengan mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan. 

Nilai estetik  seni kerajinan dapat digunakan untuk meningkatkan citra kara seni terlebih lagi jika diukur dengan nilai fungsi dan ekonomi.  Fungsi seni kerajinan sebagai misal seberapa banyak orang menggunakan produk tersebut, dan segi ekonomi terkait dengan nominal. 

Sedangkan dari segi ragam hias karya seni kerajinan dapat dikenal secara identitas pencipta atau daerah yang memproduksi kerajinan tersebut.  

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel