Macam - Macam Teknik Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi

Macam - Macam Teknik Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi - Karya seni rupa adalah cabang seni yang dinikmati melalui indra penglihatan serta dapat dirasakan melalui indra peraba. 

Karya seni dua dimensi hanya dapat dinikmati hanya melalui satu arah saja dan mempunyai dua sisi yaitu lebar dan panjang. Seni rupa dua dimensi juga tidak mempunyai ketinggian, ruang atau ketebalan.

Macam - Macam Teknik Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi


Teknik Berkarya Seni Dua Dimensi  

Terdapat dua belas teknik berkarya seni dua dimensi, yaitu : 

: Teknik Plakat: Adalah karya seni dua dimensi yang teknik pembuatanya menggunakan cat poster, cat minyak dan akrilik. Biasanya teknik plakat menggunakan teknik goresan tebal untuk hasil pekat dan padat. 

: Teknik Transparan : Teknik transparan adalah teknik menggambar atau melukis dengan dengan spuan warna tipis, sehingga menghasilkan warna yang transparan. 

: Teknik kolase : Teknik berkarya seni dua dimensi berupa potongan - potongan kertas sehingga menghasilkan karya sesuai dengan keinginan siseniman. 

: Teknik Tiga M (Merekat, Menggunting, Menempel) : Teknik berkarya seni rupa dua dimensi dengan memanipulasi lembaran kertas. 

: Teknik Linear : Teknik menggambar dengan memanfaatkan pola garis atau pena. 

: Teknik Blok : Teknik berkarya seni rupa dua dimensi dengan menutupi objek lukis menggunakan satu warna. 

: Teknik Arsir : Teknik berkarya seni rupa dua dimensi dengan teknik arsir digunakan untuk menutupi objek lukisan dengan pulasan garis sejajar atau menyilang dengan pensil atau pena.

: Teknik Dussel : Teknik untuk menghasilkan objek gelap terang  menggunakan pensil dengan teknik goresan. 

: Teknik Pointilis:  Teknik berkarya seni dua dimensi yang digunakan untuk menghitamkan objek lukis dari beberapa titik - titik. 

: Teknik Aquarel : Teknik berkarya seni dua dimensi dengan melakukan menyapu cat cair secara tipis untuk menutup objek lukis. 

: Teknik Mozaik : Teknik berkarya seni dua dimensi dengan menempel - nempelkan kan benda tiga dimensi. 

: Teknik Menganyam : Teknik berkarya seni dua dimensi dengan teknik tumpang tindih serta menyilang untuk menghasilkan karya seni anyaman. 

Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel