Sejarah Awal Futurism Karakteristik Dan Pengaruh Gaya Futurism

Sejarah Awal Futurism Karakteristik Dan Pengaruh Gaya Futurism - Futurism adalah gerakan kebudayaan pertama pada abad ke-20 dan merupakan karya seni murni murni Italia yang diperkenalkan terhadap masyarakat luas secara langsung. Gaya futurism timbul akibat perang dunia I. 

Kata futursim berasal dari kata 'futur' dalam bahasa Perancis dan future dalam bahasa inggris yang berarti masa depan. Futurism adalah gaya atau aliran seni avant-garde (sebelum masanya) terutama pada tahun 1909 Masehi.

Sejarah Awal Futurism Karakteristik Dan Pengaruh Gaya Futurism

Futurism adalah paham dan dipercayai oleh sekelompok orang yang yakin adanya masa mendatang yang lebih baik yang diartikan modern dan konkrit. Mereka juga meyakini manusia dapat menguasai jagad raya dengan teknologi. 

Oleh seorang penulis dan penyair Italia, Filippo Tommaso Marinetti gerakan futurism diproklamirkan pada tahun 1909. 

Pergerakan kebudayaan yang diperkenalkan kepada masyarakat kala itu diawali dimulai dari bidang: 

- seni lukis
- seni patung
- seni musik
- seni desain
- seni arsitektur

Pengaruh Seni arsitektur Futurism berpengaruh pada bagian lantai, pintu masuk, bentuk bangunan, ornamen dan sebagainya.  

Karya seni tersebut bertujuan untuk meninggalkan kenangan pahit setelah perang dunia I, pesimistis, nostalgia, melepaskan materi, eleman serta nilai lama. Alam realitas dari kebudayaan dunia yang telah berubah sehingga nilai dari kaum Futuris digunakan untuk mengiringi juga mengimbangi pergeseran kebudayaan, kekuatan dinamis pasar yang luas, era permesinan hingga komunikasi global.

Pola-pola geometris yang ditimbulkan oleh khayalan-khayalan kaum futrism untuk mewakili arah gerak serta makna dari pergerakan itu sendiri. Para seniman dan desainer Futurisme biasanya memanfaatkan hari-hari petang untuk berkumpul, menuliskan manifesto, puisi dan musik. 

Perilaku individual dan sifat agresif dimanfaatkan untuk menyebarkan faham fasisme. Oleh seorang futuris bertanggal 20 Februari tahun 1909 mempublikasikan surat kabar Perancis, “le Figaro” dengan membuat pencampuran atau perpaduan yang tidak mudah di dalam memenuhi kepentingan nasionalisme Italia kemiliteran dan kepercayaan baru terhadap mesin yang selanjutnya dijelmakan dalam produk mobil dan pesawat terbang. 

Kendala - kendala desain sebelum perang dunia II diantisipasi oleh para futuris Italia melalui penyerapan dan penggambaran kualitas mekanisasi dan kecepatan, seperti yang telah dibahas oleh Banham dalam bukunya: “Theory and Design in The First Machine Age”. 

Pelukis yang terinspirasi pada era ini, diantaranya :

- Filippo Tommaso Marinetti
- Giacomo Balla
- Gino Severini
- Fornunato Depero
- Carra
- Antonio Sant’Elia 

Karya semangat baru dalam kelompok mereka yang dijunjung tinggi dan membawanya kepada politik fasis yaitu dengan menciptakan karya yang mencerminkan dunia mereka ketika ketergantungan akan keterlibatan emosi dengan gaya hidup kemodernan dan kebaruan di lingkungan masyarakat.

Latar belakang sejarah munculnya modernisme menjadi falsafah kaum futuris yang merupakan gerakan awal modernisme juga revolusi industri yang berpengaruh pada futurisme. 

The Machine Aesthetics atau estetika mesin muncul mempengaruhi ciri-ciri penyusunan tipografi mulai dari poster, sampul buku, dan aneka bentuk grafis lain.  

Ciri - ciri Futurisme :
  • Penyatuan elemen dan karakter pada sebuah acuan dan penyusunan karya sebagai satu kesatuan. 
  • Ide - ide yang dimiliki seperti: ketertutupan, ketidaksabaran, ekstrim dalam hubungan langsung dengan nilai-nilai futurisme.
  • Karakteristiknya juga meliputi garis-garis yang tidak rata yang mengkomunikasikan energy dari gerakannya.
  • Pandangan karya yang mementingkan masa depan.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel