Nilai Keindahan Estetis Relief Dan Jenis - Jenis Relief

Nilai Keindahan Estetis Relief Dan Jenis - Jenis Relief -  Relief adalah hasil dari karya seni rupa yang penciptaanya dengan menggunakan berbagai teknik, diantaranya teknik pahat. Karya seni relief ini adalah sebutan untuk karya ukiran yang terdapat dipermukaan batu candi. 

Bentuk pahatan atau ukiran relief adalah penggambaran yang berisi cerita dengan melalui media gambar. Seni relief tersebut ada yang berupa objek pahatan tersendiri dan berseri. Relief berseri seperti yang telah diuraikan yaitu berisikan cerita. 

Relief adalah karya seni tradisi yang erat kaitanya dengan budaya disekitar relief diciptakan, relief tersebut menceritakan kisah cerita seperti dongeng - dongen naratif. 

Beberapa Jenis  Relief yang terdapat di Wilayah nusantara

: Relief tinggi atau (bahasa Perancis: Haut-relief, bahasa Italia: Alto-rilievo, bahasa Inggris: High-relief) adalah jenis ukiran pada relief yang menampilkan ukiran lebih menonjol keluar dengan kedalaman dimensi lebih dari 50 persen.

Secara visual pandangan mata seni relief tersebut menyerupai seni patung yang hampir utuh dan nampak seperti patung yang menempel pada dinding candi. Relief serupa banyak dijumpai pada dinding candi di Jawa Tengah. 

: Relief rendah atau (bahasa Perancis: Bas-relief, bahasa Italia: Baso-rilievo, bahasa Inggris: Low-relief) adalah jenis relief dengan ukiran yang sedikit menonjol dari dasar permukaan dinding. Tonjolan relief tersebut kurang dari 50 persen dengan kedalaman yang bervariasi.

: Relief dangkal atau (bahasa Inggris: shallow-relief , bahasa Italia: rilievo schiacciato) adalah jenis relief yang lebih dangkal dari relief rendah. Ukiran relief  tersebut hanya berupa guratan-guratan tipis untuk menghilangkan material latar.

:  Relief tenggelam atau (bahasa Inggris: sunken-relief) adalah jenis relief pada latar permukaan dinding dibiarkan utuh dan rata, dicukil dalam permukaan dinding untuk penggambaranya. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel