Jenis - Jenis Tari Srimpi, Properti, Sejarah Dan Ciri Tarian Srimpi

Jenis - Jenis Tari Srimpi Properti, Sejarah Dan Ciri Tarian Srimpi - Tari Srimpi menggambarkan empat penjuru arah mata angin serta menggambarkan sifat baik dan buruk manusia. Tarian tradisional yang muncul pada tahun  (1613-1646) dan dipentaskan dalam lingkungan keraton tersebut menurut dalam bahasa Jawa berasal dari kata "impi" atau "mimpi". 

Jenis - Jenis Tari Srimpi, Properti, Sejarah Dan Ciri Tarian Srimpi

Terdapat tiga jenis tari Srimpi di kesultanan Yogyakarta, yaitu : 

- Serimpi Babul Layar
- Serimpi Dhempel
- Serimpi Genjung

Sedangkan di Kraton Surakarta tarian Srimpi dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

- Srimpi Anglirmendung
- Srimpi Bondan

Terdapat beberapa jenis tari Srimpi selain tarian tersebut, yaitu : 

  • Tari Srimpi Cina
Tari Srimpi Cina bercirikan busana yang digunakan menyesuaikan pakaian Cina. Tari Srimpi Cina adalah tarian putri klasik istana Kraton Yogyakarta. 

  • Tari Srimpi Padhelori
Tarian tersebut menggunakan properti pistol dan cundrik, tarian tersebut diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana  VI dan VII yang menceritakan dari cerita Menak yaitu perang tanding Dewi Sirtu Pelaeli dan Dewi Sudarawati. Iringan tarian menggunakan Gending Pandhelori. 

  • Tari Srimpi Pistol
Tarian tersebut diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VII juga merupakan tari puri klasik gaya Yogyakarta. Tari ini bercirikan properti tarian menggunakan pistol. 

  • Tari Srimpi Merak Kesimpir
Tarian putri klasik gaya Yogyakarta, tarian tersebut diciptakan oleh  Sultan Hamengku Buwana VII. Properti tari menjadi ciri khas dari pementasanya yaitu menggunakan properti pistol dan jemparing. 

  • Tari Srimpi Renggawati
Tarian putri klasik gaya Yogyakarta berjumlah lima orang. Tarian tersebut diciptakan oleh Hamengku Buwana V yang membawakan cerita dari Angling Darmo. Properti tari menggunakan sebatang pohon dan seekor burung mriwis putih. 

  • Tari Srimpi Pramugari
Tarian ini diciptakan oleh Sultan Hamengku Buwana VII menggunakan properti pistol dan diiringi Gending Pramugari. 

  • Tari Srimpi Sangopati
Tarian yang dipentaskan oleh dua orang wanita, tarian Srimpi Sangopati diciptakan oleh Pakubawono IX . Tarian Sangopati berasal dari kata "Sang apati" sebuah sebutan calon pengganti raja. Tarian Sangopati melambangkan bekal kematian  yang peruntukan kepada Belanda. 

  • Tari Srimpi Anglirmendhung
Tarian tersebut awalnya dipentaskan oleh tujuh orang penari yang dipersembahkan oleh sinuhun Paku Buwana. Menurut R.T. Warsadiningrat, Anglirmedhung ini digubah oleh K.G.P.A.A. Mangkunagara I dan oleh Paku Buwana IV tari dirubah menjadi empat penari. 

  • Tari Srimpi Ludira Madu
Tari Ludira Madu diciptakan oleh Paku Buwono V pada waktu menjadi putra mahkota Keraton Surakarta dengan gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom.

Tari Srimpi Ludira Madu dipentaskan empat orang penari dan diciptakan untuk mengenang ibunda tercinta yang masih keturunan Madura. Tembang Srimpi Ludira Madu menggambarkan seorang ibu yang bijaksana, Ludira Madu diambil dari Makna Ludira yang berarti darah dan Madura atau keturunan Madura. 

Demikian Jenis - Jenis Tari Srimpi, Properti, Sejarah Dan Ciri Tarian Srimpi. Dapatkan ulasan seputar nilai budaya, makna karya seni tradisional maupun karya seni modern dengan akses Senibudayasia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel