Belajar Cara Menabuh (Memukul) Kendang Jawa Bagi Pemula

Belajar Cara Menabuh (Memukul) Kendang Jawa Bagi Pemula  - Kendang adalah satu dari kelompok alat musik tradisional gamelan Jawa. Gamelan Jawa berupa ansambel atau kelompok alat musik yang terdiri dari puluhan instrumen atau alat musik.

Dalam pertunjukanya perangkat (ansambel) gamelan menyerupai musik orkestra jika ditinjau dari banyaknya alat musik dan cara penyajianya. Jadi, alat musik tradisional yang disebut kendang hanya salah satu alat musik yang terdapat pada ansambel musik gamelan Jawa. 

Belajar Cara Menabuh (Memukul) Kendang Jawa Bagi Pemula

Alat musik unik ini sering kita jumpai dalam pertunjukan kesenian seperti ; pertunjukan musik tradisional gamelan, musik dangdut, musik campursari dll. Kendang memiliki keunikan dan potensinya sendiri, sehingga tidak mengherankan kalau alat musik perkusi tidak bernada ini banyak menarik perhatian para penggemar karena bunyi yang dihasilkan beragam padahal hanya terdapat dua tebokan (permukaan) saja, dan menimbulkan pertanyaan bagaimana cara memainkan kendang.

Kendang Jawa adalah alat musik tradisional yang ada sejak dari zaman dahulu dan tidak diketahui siapa pencipta alat musik ini. Cara bermain kendang diajarkan secara turun temurun dan tidak diketahui juga siapa pemain kendang jawa pertama kali. Jadi, Cara atau teknik bermain kendang didapatkan dari cara yang sudah dilakukan pemain kendang sebelumnya, untuk lebih jelasnya langkah yang ditempuh dalam belajar bermain kendang jawa bagi pemula berikut ini.

Ketekunan dan Konsisten

Belajar bermain kendang dari ahli pemain kendang, sekolah yang menyediakan kelas musik tradisional atau di sanggar seni budaya tradisional. Usahakan selalu fokus saat belajar bermain kendang dengan menghentikan aktifitas lain.

Berlatih secara konsisten dengan meluangkan waktu beberapa jam setiap harinya dan berlatihlah setiap hari.

Belajar Memukul Kendang Gamelan Jawa

Dalam belajar memukul kendang terdapat dua teknik untuk membunyikan agar bunyi yang dihasilkan lebih jelas dan jernih. Bunyi yang jelas dan jernih tentunya hanya dapat disajikan oleh pemain yang sudah ahli.

Teknik dalam menabuh atau memukul kendang dengan telapak tangan merapat, telapak tangan terbuka dan jari. Berikut ini beberapa bunyi kendang yang dan cara menabuh yang benar beserta simbol dalam penulisan notasinya.

Bunyi "thung"  notasi p
Bunyi thung dihasilkan dengan memukul bagian tengah tebokan besar menggunakan telapak tangan dengan 4 jari terbuka segera lepas secepatnya setelah memukul. Ulangi sampai berbunyi "thung".

Bunyi "dha" notasi b
Bunyi "dha" dihasilkan dengan cara memukul bagian tepi tebokan besar dengan telapak tangan dan 4 jari tertutup lepas secepatnya usia memukul. Ulangi sampai berbunyi jelas dan jernih.

Bunyi "Tak" notasi t
Bunyi "tak" dihasilkan dengan menabuh bagian tebokan kecil dengan telapak tangan merapat dengan memberikan tekanan. Agar berbunyi "tak" maka pukulan tidak pukulan sampai bunyi tak jelas dan jernih maka ulangi hingga bunyi "tak" jelas dan "jernih".

Bunyi "Tong' simbolkan notasi o
Cara menghasilkan bunyi 'tong" pukul bagian paling tepi tebokan kecil dengan jari. Ulangi hingga bunyi "tong" jelas dan jernih.

Bunyi "lang' simbol notas L
Bunyi 'lang dihasilkan dengan cara memukul bagian tepi tebokan kecil dengan telapak tangan 4 jari merapat dan melepas secepatnya.

Bunyi 'lung" simbol notasi l
Bunyi "lung " dihasilkan dengan cara memukul bagian tepi agak tengah dengan jari. Ulangi hingga sampai berbunyi "lung".

Bunyi "dhet'' simbol notasi 
Cara membunyikan "dhet " dengan cara memukul tebokan besar dengan telapak tangan merapat tidak dilepas atau dengan menekan pada bagian tebokan besar. Ulangi sampai menghasilkan bunyi "dhet" jelas dan jernih.

Kombinasi Pukulan


Bunyi "dlong" dengan memukul bunyi "dha" dan "tong" hampir bersamaan.
Bunyi "ndhang" dengan memukul "tak" dan "dha" dilepas secepatnya hampir secara bersamaan.
Bunyi " ndlangtak" dengan memukul "Dha" dan "lang" hampir secara bersamaan dan pukulan "tak". Agar berbunyi "ndlangtak" maka diperlukan waktu agak cepat.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel