Ciri - Ciri Lagu Daerah dan Contoh Lagu Daerah

Ciri - Ciri Lagu Daerah dan Contoh Lagu Daerah - Indonesia terdiri dari berbagai daerah yang setiap daerahnya mempunyai berbagai ciri kedaerahan. Ciri kesenian suatu daerah dapat kita jumpai pada karya seni diberbagai daerah. Lagu daerah contohnya adalah salah satu karya seni yang diciptakan disuatu daerah yang tumbuh dan berkembang di daerah tertentu.

Ciri - Ciri Lagu Daerah dan Contoh Lagu Daerah

 Baca: Lagu Daerah Asal Indonesia Yang Mendunia

Kesenian lagu yang berkembang di Indonesia terdapat dua yaitu lagu modern dan tradisional. Lagu modern juga disebut sebagai lagu populer atau musik populer biasanya sangat digemari oleh masyarakat dengan iringan alat musik modern seperti gitar, drum dan sebagainya.

Lagu non tradisional atau modern dibuat dengan menggunakan tangga nada umumnya tangga nada diatonis, tangga nada tersebut sangat akrab dengan kehidupan sehari - hari terutama dikalangan anak remaja. 

Lagu tradisional atau lagu daerah adalah lagu yang diciptakan dengan berbagai nilai budaya tertentu pada zamanya, tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonis tetapi kini telah banyak dijumpai ditulis dengan notasi diatonis.

Contoh lagu daerah misalnya Yamko Rambe Yamko, Apuse dan sebagainya. Lagu daerah biasanya dinyanyikan pada tradisi tertentu misalnya meninabobokan anak, permainan anak - anak, hiburan rakyat dan lain sebagainya.

Ciri - Ciri Lagu Daerah :

- Berbahasa Daerah Setempat, misalnya lagu Yamko Rambe Yamko menggunakan bahasa papua.
- Lirik atau syair lagu mudah dipahami
- Irama lagu yang sederhana
- Musik iringan sederhana
- Jarang diketahui penciptanya atau noname

Demikian sedikit ulasan tentang seputar ciri - ciri lagu daerah beserta contoh lengkap dengan notasi. Semoga dengan ulasan ini dapat memberikan pengetahuan tentang lagu daerah, ciri - ciri lagu daerah dan contoh lagu daerah sebagai bagian budaya nusantara. 

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel