Pengertian Dalang dan Asal Usul Keahlian Mendalang

Pengertian Dalang dan Asal Usul Keahlian Mendalang - Dalang adalah keahlian seseorang memainkan wayang. Dalang sangat erat kaitaya dengan wayang kulit sebagai budaya khas Indonesia yang terkenal sampai berbagai mancanegara. 

Dalang berasal dari kata Dahyang yang berarti penyembuh dari segala penyakit. Sedangkan dalam bahasa Jawa "Jarwo Dhosok" berarti Ngudal Piwulang yang diartikan sebagai pemberi Ilmu dan memberikan nilai kepada para penontonya dari lakon yang dipentaskan. Dalang adalah seorang yang memainkan wayang kulit atau wayang golek

Pengertian Dalang dan Asal Usul Keahlian Mendalang

Kesenian wayang atau dalam seni pewayangan seorang Dalang memegang peranan penuh seperti sutradara, penulis lakon dan seorang, penyusun iringan, pemain karakter dan hampir seluruh pementasan wayang kulit mulai awal hingga akhir dikuasai oleh Dalang.

Keahlian Mendalang

Keahlian seorang dalang terwariskan secara turun temurun dan nenek moyangnya. Secara umum keluarga seorang Dalang biasanya bisa mendalang walau tanpa belajar secara formal sebelumnya (proses alami) bahkan mampu untuk menyiapkan pagelaran atau pementasan dari awal hingga akhir pementasan seperti menata panggung, menata wayang (nyimping), menabuh gamelan atau mengiringi pementasan wayang dan sebagainya.

Keahlian Seorang Dalang juga didapat dari sekolah - sekolah dengan program jurusan seni Pedalangan yang setingkat SMU maupun Perguruan Tinggi, Dalang - Dalang yang tercetak melalui Sekolah Pedalangan belum tentu berasal dari keturunan seorang Dalang tetapi seseorang yang berkeingina belajar Dalang yang akhirnya bisa mendalang.

Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel